Motherhood

6  Makanan Selama Masa Nifas Ini Wajib Dikonsumsi, Bunda Tetap Sehat Selama Menyusui Bayi

makanan selama nifas, makanan ibu menyusui

@ onedokter.com

Momen selama kehamilan tentu sudah menjadi prioritas Anda para ibu demi kesehatan bayi dalam kandungan. Namun pada dasarnya saat bayi sudah lahir sekalipun para ibu harus tetap memperhatikan pola makannya. Jadi Bunda tak boleh asal makan seenaknya pasca melahirkan. Sehingga butuh asupan makanan selama nifas yang tentunya juga akan berdampak baik bagi bayi.

Deretan makanan bergizi seimbang sangatlah Bunda butuhkan selama masa nifas. Dengan begitu maka pemulihan pasca lahiran akan lebih cepat serta akan memberikan energi buat Bunda selama merawat buah hati.

Berikut ini ada deretan makanan yang baik dikonsumsi selama masa nifas. Bunda simak ya.

1. Gandum Utuh

makanan ibu menyusui, makanan selama nifas

@ hellosehat.com

Karbohidrat termasuk salah satu jenis asupan makanan yang Bunda butuhkan baik saat hamil ataupun melahirkan. Sebab Anda akan membutuhkan lebih banyak energi guna menghasilkan ASI untuk si buah hati.

Sebaiknya Bunda memilih karbohidrat kompleks untuk menu pilihan selama masa nifas karena penyerapannya lambat dan mampu stabilkan kadar gula darah. Jenis ini bisa meliputi oatmeal, barley, beras merah, dan quinoa.

2. Protein

makanan ibu menyusui, makanan pasca lahiran

@ thejakartapost.com

Ibu baru melahirkan ternyata membutuhkan tambahan protein sekitar 71 gram dari kebutuhan harian biasanya. Ini akan memberikan manfaat sebagai fondasi bagi semua komponen tubuh seperti enzim, jaringan, serta hormon.

Bunda dapat mengonsumsi aneka protein seperti susu (baik yang langsung konsumsi ataupun dicampur ke menu makanan lain), telur, kedelai, kacang-kacangan, makanan laut, daging merah, ayam, dan kedelai.

Baca juga : Buah dan Sayur ini Mampu Memperlancar Persalinan, Calon Ibu Kudu Tahu!

3. Sayuran dan Buah

makanan pasca lahiran, makanan ibu menyusui

@ kompasiana.com

Bahan makanan ini pastinya tak pernah ketinggalan untuk konsumsi sehari-hari, termasuk Bunda yang baru melahirkan. Pasalnya buah dan sayur memiliki kandungan serat tinggi yang dapat membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu juga memberi pasokan vitamin dan mineral yang dibutuhkan Bunda selama menyusui. Selalu pilih buah dan sayuran organik bebas pestisida.

4. Lemak

makanan selama nifas, makanan pasca lahiran

@ magazine.job-like.com

Lemak juga salah satu makanan baik selama nifas yang patut dikonsumsi. Asalkan Bunda mengonsumsi jenis lemak yang tepat dan sehat.  Jenis asupan tersebut meliputi alpukat, minyak zaitun sebagai pengganti minyak goreng biasa, ikan, daging tanpa lemak, dan biji-bijian.

5. Zat Besi

makanan ibu menyusui, makanan pasca lahiran

@ hellosehat.com

Makanan yang kaya zat besi ini bisa didapatkan dari kacang-kacangan, lentil, daging merah, tahu, sayur berwarna hijau gelap. Aneka makanan ini akan bantu proses pembentukan sel darah dan mencegah Bunda dari risiko anemia saat hamil maupun semasa nifas.

6. Makanan Lain

makanan ibu menyusui, makanan selama nifas

@ poskotanews.com

Selain deretan asupan di atas, ada pula makanan lain seperti kunyit, bubuk jahe, dan oat yang bisa dikonsumsi selama masa nifas. Pasalnya ketiga bahan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan Bunda selama nifas dan menyusui.

Bunda selama nifas memang harus menjaga aneka asupan makanan yang masuk. Sebab hal ini akan sangat berpengaruh juga pada tubuh Anda sekaligus bayi yang saat ini membutuhkan ASI. Jadi sudah sepatutnya Bunda mendapatkan aneka makanan sehat dan bergizi tinggi untuk kebutuhan harian. Semua itu bisa Anda dapatkan dengan belanja aneka buah, sayur, beras di RegoPantes.

Tidak perlu ragu berbelanja di aplikasi RegoPantes sebab terjamin mutunya. Semua hasil pangan diambil langsung dari petani lokal dalam kondisi segar. Kemudian semua diproses melalui kontrol dan pengemasan ulang dari tim RegoPantes, sehingga semuanya berkualitas sampai ke tangan Anda selaku pembeli.

You Might Also Like