Inspirasi Motherhood

Aman Dikonsumsi, Ternyata Ini Manfaat dan Cara Membuat Air Tajin untuk Bayi

air tajin, cara membuat air tajin

@ salamatx.com

Penggunaan air tajin memang telah banyak sekali digunakan bahkan secara turun temurun oleh masyarakat kita. Air tajin sendiri merupakan air rebusan dari beras yang memiliki beragam manfaat baik bagi kesehatan tubuh, terutama untuk si buah hati. Air tajin ini juga dianggap sebagai asupan yang berguna untuk memperkenalkan makanan padat bagi bayi.

Nah, bagi Anda yang tertarik membuat air tajin, ada beberapa langkah pembuatan yang bisa diikuti, seperti yang berikut ini!

Manfaat Air Tajin

Air tajin adalah air yang berwarna keputihan ataupun kecoklatan saat Anda menanak nasi. Air rebusan ini banyak dimanfaatkan untuk diambil nutrisinya. Selain membuat MPASI menjadi lebih lancar, penggunaan air tajin juga berguna untuk mengobati diare. Hebatnya lagi, air tajin juga bermanfaat untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang layaknya oralit. Anda juga bisa menggunakannya sebagai air untuk merawat kesehatan rambut hingga kulit bayi.

Langkah Pembuatan Air Tajin

manfaat air tajin, cara membuat air tajin

@ wajibbaca.com

1. Ragam Bahan yang Perlu Disiapkan

Untuk membuat air tajin, ada beberapa bahan yang perlu dipersiapkan. Bahan yang dimaksud adalah 1 gelas kecil air dan juga beras dengan takaran 2 sendok makan berukuran besar. Selanjutnya siapkan wadah serta alat yang sudah Anda cuci hingga bersih sebelumnya. Untuk takaran air beras yang satu ini bisa digunakan untuk sekali minum saja.

Jika Anda ingin menggunakan air tajin untuk mandi atau bahkan masker untuk kesehatan rambut, maka Anda bisa membuatnya dengan bahan yang lebih banyak. Jangan lupa pilih jenis beras yang berkualitas supaya hasilnya lebih sempurna.

2. Cuci dengan Air

Langkah yang selanjutnya yang harus dilakukan setelah bahan-bahan disiapkan adalah mencucinya dengan air. Seperti halnya saat Anda menanak nasi, Anda juga harus mencuci beras yang akan digunakan. Tempatkan beras yang telah bersih tersebut ke dalam wadah lalu tambahkan air hangat dan bersihkan dari kotoran yang menempel pada beras tersebut. Jika sudah, Anda bisa membuang air bekas cuciannya.

Baca juga : Luar Biasa! Ini Dia Manfaat Air Beras untuk Mencuci Wajah dan Simak Cara Membuatnya

3. Tanak Nasi

Jika beras sudah bersih, Anda bisa segera memasukkan beras ke dalam panci lalu diberi tambahan berupa air. Selanjutnya rebus kedua bahan hingga beras menjadi lebih lunak dan empuk. Jika sudah, Anda bisa mematikan api lalu pisahkan dengan air rebusan menggunakan saringan.

air tajin, manfaat air tajin

@ jempolkaki.com

4. Sajikan untuk Si Buah Hati

Jika air tajin sudah jadi, Anda bisa segera menyajikannya pada si buah hati. Untuk bayi yang berada dalam usia 12 bulan ke atas, Anda bisa menambahkan sedikit garam untuk memberikannya rasa.

Bagi Anda yang ingin memberikan air tajin kepada si buah hati, ada baiknya untuk mengonsultasikannya dulu kepada dokter. Dokter akan memberitahukan kepada Anda kapan sebaiknya air tajin diberikan. Selain itu penting juga bagi orang tua melakukan pemeriksaan apakah air tajin memicu gejala alergi pada si buah hati atau tidak sehingga bisa dilanjutkan.

Jika bayi muntah hingga memicu gejala buruk yang lainnya, sebaiknya pemberian air tajin segera dihentikan. Karena jika nekat diberikan maka gejala yang semakin buruk bisa saja terjadi.

RegoPantes menjual beragam jenis sayuran hingga buah-buahan yang bisa Anda pesan secara online. Situs belanja online tentu sangat membantu terutama bagi Anda dengan kesibukan hingga ragam aktivitas yang begitu banyak hingga tak sempat untuk belanja sendiri ke pasar. Jika tertarik, Anda bisa langsung melakukan pemesanan di RegoPantes dan produk yang dipesan akan segera dikirim sesuai dengan pemesanan.

You Might Also Like