Motherhood

7 Makanan Penting Saat Bayi Berumur 8 Bulan, Bantu Tingkatkan Kecerdasan Otak Anak

mencerdaskan bayi, kecerdasan otak anak

@cakapsehat.com

Memiliki anak cerdas memang dambaan setiap orang. Anak dengan kecerdasan tinggi dianggap patut dibanggakan dan memiliki bekal untuk masa depannya. Namun, tak semua anak terlahir dengan otak cerdas. Jika sudah demikian, apa yang bisa dilakukan orangtua untuk meningkatkan kecerdasan anak?

Benar adanya jika kecerdasan merupakan faktor genetik. Namun, bukan berarti tak ada usaha yang bisa dilakukan untuk menambah kecerdasan anak. Ada banyak sekali cara alami agar anak cerdas, mulai dari mendengarkan musik klasik saat masih mengandung hingga memperbanyak asupan asam folat saat hamil dan menyusui.

Makanan Untuk Mencerdaskan Bayi

meningkatkan kecerdasan

@hallosehat.com

Cara lain agar anak tumbuh cerdas adalah memperhatikan asupan makanannya ketika sudah masuk usia MPASI. Lantas, apa saja makanan yang bisa mencerdaskan bayi? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Bubur ASI

Bunda yang dianugrahi ASI melimpah dapat memanfaatkannya untuk bubur ASI. Caranya, gunakan ASI sebagai pengganti air saat membuat bubur. Selain lebih sehat, bubur ASI terbukti dapat membuat anak lebih cerdas.

Baca Juga : 7 Bahan Ajaib Untuk Mengatasi Morning Sickness, Jangan Mau Tersiksa Saat Hamil

2. Yogurt

Produk olahan susu ini nyatanya juga baik untuk kecerdasan otak bayi di atas 8 bulan karena mengandung kalsium, protein dan lemak sehat. Namun, Bunda perlu membatasi pemberian yogurt pada bayi karena memiliki efek samping pada sistem pencernaan. Terlalu banyak memberikan yogurt bisa menimbulkan efek diare.

3. Alpukat

Selain baik untuk MPASI mulai usia 6 bulan, alpukat juga baik untuk kecerdasan otak. Menariknya, alpukat juga mengandung lemak baik yang mampu meningkatkan berat badan bayi.

4. Sereal dan Bubur Gandum

Bayi berumur lebih dari 8 bulan sedang dalam fase suka nyemil. Cobalah memberinya camilan sehat berupa sereal atau bubur gandum. Selain itu, oat meal juga tak kalah manfaatnya untuk perkembangan otak anak.

5. Kuning Telur

Mengandung omega 3 dan protein, telur sangat baik untuk menutrisi otak.  Bunda bisa mengukus telur dan menjadikannya lauk bersama nasi tim. Sayangnya, tak semua bayi doyan diberi telur karena aromanya yang amis. Beberapa mungkin juga menunjukkan reaksi alergi ketika diberi telur.

6. Salmon

Kaya akan DHA dan Omega 3, ikan salmon menjadi nutrisi penting untuk otak. Salmon biasa diolah menjadi bubur bayi dengan cara di kukus. Rasanya yang gurih menjadikan salmon lebih digemari anak dibanding jenis ikan lainnya.

7. Buah dan Sayur

Bayi juga butuh buah serta sayur agar perkembangan otaknya maksimal. Hal ini dikarenakan buah  dan sayur seperti jeruk, bayam serta kedelai kaya akan folat yang mampu menunjang perkembangan sel otak.

Namun, untuk mendapat manfaat maksimal, Anda perlu memperhatikan kualitas sayur yang diberikan. Sudahkah bebas bahan kimia? Apakah masih segar dan ain sebagainya.

Jangan pernah memberikan bayi makanan dengan kualitas kurang baik. Selain nutrisinya yang kurang maksimal, sistem pencernaan bayi juga masih sangat rentan dengan paparan buruk kimia yang bisa masuk melalui makanan. Jika Bunda tak bisa membedakan bahan pangan non kimia dengan yang organik, RegoPantes selalu siap membantu. Dengan bantuan tim quality control RegoPantes, Bunda bisa mendapat buah dan sayur segar tanpa perlu repot memilih. Soal harga tak usah risau, Kami menawarkan segala kebutuhan berkualitas dengan harga pantas di kantong. Tetarik? Ada beragam diskon menarik yang menunggu Bunda disini.

0 Shares

You Might Also Like