Motherhood

Bayi Alami Diare? Jangan Panik, 5 Jenis Makanan Ini Harus Bunda Hindari

@ hellosehat.com

Diare merupakan salah satu gangguan kesehatan yang bisa dialami oleh siapa saja termasuk juga bayi. Bagi Bunda yang buah hatinya mengalami diare ada baiknya untuk memperbanyak asupan sehat dan juga cairan. Perhatikan juga apa saja yang dimakan oleh si buah hati. Karena jika salah makan, maka gangguan diare bisa saja semakin parah dan susah disembuhkan.

Berikut ini adalah beragam jenis makanan yang sebaiknya dihindari dulu saat bayi terkena diare ya, Bunda.

1. Jus dan Beberapa Buah Tertentu

@ futuready.com

Saat bayi mengalami diare, ada baiknya untuk tidak memberikan jus buah terlebih dahulu. Selain itu, beberapa jenis buah-buahan seperti halnya pir, persik, aprikot dan prem juga sebaiknya dihindari.

Mengonsumsi jus buah apalagi secara berlebihan bisa mengganggu pencernaan bayi hingga menyebabkan diare. Akan lebih baik jika Bunda membatasi atau bahkan menghentikan konsumsi jus dan buah-buahan tersebut terlebih dulu.

2. Makanan yang Menimbulkan Gas

@ atticauthor.info

Jenis makanan yang sebaiknya dihindari berikutnya adalah makanan yang bisa menimbulkan gas. Ada beberapa jenis buah dan juga sayuran yang bisa menimbulkan gas atau perut kembung seperti halnya buncis, sayuran berdaun hijau, jagung, beri, brokoli dan juga paprika. Ragam makanan tersebut adalah makanan yang sebaiknya dihindari saat bayi terkena gangguan pencernaan yang satu ini.

Baca juga : Bunda Harus Tahu, 5 Macam Finger Food Ini Cocok Buat Bayi yang Belum Memiliki Gigi

3. Makanan yang Mentah

@ hellosehat.com

Ada beberapa jenis bakteri yang bisa menyebabkan diare seperti halnya salmonella, staphylococcus campylobacter dan juga shigella. Beberapa infeksi dari bakteri memang bisa sembuh dengan sendirinya sehingga tidak diperlukan pengobatan. Namun, infeksi akibat bakteri E.coli yang ditemukan dalam daging yang setengah matang atau mentah bisa menyebabkan gangguan serius sehingga harus diwaspadai.

Jika buah hati Bunda mengalami gangguan diare disertai dengan feses berdarah, demam, muntah dan kram di bagian perut maka segera bawa ke dokter. Dengan demikian, dokter bisa melakukan pemeriksaan secara lebih mendalam untuk memastikan apakah ada tanda-tanda bakteri atau tidak. Bunda tentu harus tanggap mengenai gejala diare yang dirasakan oleh buah hati untuk bisa memutuskan perlu dibawa ke dokter atau tidak.

4. Produk Olahan Susu

@ agro.kz

Makanan yang sebaiknya dihindari saat bayi mengalami diare yang selanjutnya adalah produk susu olahan. Apalagi susu juga bisa menyebabkan diare jika si buah hati memiliki alergi protein susu terlebih dari jenis susu sapi. Terdapat sekitar 3 persen bayi yang menderita alergi protein yang biasa ditemukan pada sebagian besar produk olahan susu formula.

Diare menjadi salah satu tanda saat bayi mengalami alergi protein pada olahan susu. Sedangkan gejala lainnya bisa lebih beragam seperti halnya gatal-gatal hingga muntah.

5. Makanan yang Mengandung Gluten

@ snk.kz

Ada juga makanan yang mengandung gluten yang sebaiknya dihindari. Beberapa jenis makanan yang mengandung gluten seperti halnya gandum hitam, jelai, gandum utuh bisa menyebabkan terjadinya celiac disease yang ditandai dengan gangguan pencernaan seperti halnya diare. Akan lebih baik ibu menghentikan konsumsi jenis makanan ini saat bayi mengalami gangguan pencernaan.

RegoPantes menjual beragam jenis bahan makanan mulai dari sayuran hingga buah-buahan yang bisa Bunda dapatkan secara online. Selain produk alam, terdapat juga beragam jenis produk praktis untuk keperluan dapur seperti teh, madu, kopi hingga beras.

Langkah pembelian sangatlah mudah yaitu dengan melakukan pemesanan di nomor pemesanan yang telah disediakan. Selain itu juga bisa lakukan pemesanan praktis melalui aplikasi RegoPantes. Harga produk di RegoPantes juga terjangkau sehingga tidak menguras anggaran belanja Bunda.

You Might Also Like