Motherhood Untuk Bunda

Perlu Diwaspadai, ini Resiko Menambah Garam pada Menu MPASI

menu sehat

@faktualnews.co

Saat anak memasuki usia MPASI, para ibu pasti antusias mencoba beraneka ragam menu makanan bayi. Namun, Moms yang belum berpengalaman pasti merasa bingung, mana yang boleh dikonsumsi si kecil dan mana yang tak boleh. Salah satu yang menimbulkan kebimbangan adalah penambahan garam pada makanan si kecil.

Lantas, benarkah si kecil tak boleh mengkonsumsi garam? Bukankah makanan tanpa garam berasa hambar? Kebanyakan khawatir jika si kecil tak doyan dengan menu masakan tanpa garam. Nah, agar tak lagi bingung, simak dulu penjelasan berikut yuk, Moms!

Bolehkah MPASI Diberi Garam?

Bayi dan anak-anak sebenarnya membutuhkan garam dengan jumlah yang sangat sedikit. Jika bayi masih menyusu, maka kebutuhan natrium tersebut bisa didapat dari ASI. Sedangkan saat memasuki usia MPASI, baiknya Moms tak memberinya garam dalam bentuk apapun.

Baca Juga : Bukan Hanya Suplemen, 3 Cara Sehat ini Mampu Penuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Jika Moms merasa MPASI berasa hambar, baiknya berikan saja pada si kecil. Perlu diketahui jika selera makan anak berbeda dengan selera makan orang dewasa, apa yang menurut Moms hambar bisa jadi terasa lezat di lidah bayi. Untuk menambah rasa, baiknya Moms memadukan rasa alami sayur dan buah, misalnya saja memanfaatkan rasa gurih brokoli kukus dan rasa manis dari kentang atau bayam. Hal ini dikarenakan menambahkan garam pada makanan bayi dikawatirkan dapat memperberat kinerja ginjal.

Apa Menu MPASI yang Tepat?

menu makanan bayi, menu MPASI

@orami.co.id

Menu MPASI yang tepat untuk bayi adalah menu-menu yang dikreasikan khusus berdasarkan usianya. Moms bisa memberikan camilan yang dibuat khusus untuk bayi sebagai makanan pendamping. Biskuit yang tak diformulasikan untuk bayi sebaiknya dihindari ya, Moms! Pasalnya, biskuit yang tak dikhususkan untuk bayi mengandung gula dan garam dalam kadar tinggi.

Selain memperhatikan menu camilan, Moms juga harus memperhatikan bahan-bahan yang dikreasikan untuk membuat MPASI. Pastikan Moms menyajikan makanan dari bahan segar dan berkualitas agar kandungan gizinya terjaga. Pasalnya, bahan-bahan segar mengandung natrium dalam jumlah rendah serta kaya akan vitamin dan mineral sehingga baik untuk tumbuh kembang bayi.

Kesulitan mendapat bahan pangan berkualitas? Ingin ke pasar tapi repot mengurus si kecil? Tenang, RegoPantes menawarkan kemudahan berbelanja tanpa perlu keluar rumah. Moms hanya perlu memainkan layar gadget dan memilih bahan makanan apa yang diinginkan. Menariknya, melalui RegoPantes, Moms juga bisa mendapatkan beras organik serta paket mix MPASI yang sudah pasti menjadi menu sehat untuk si kecil.

You Might Also Like