Motherhood Untuk Bunda

Sulit Menyusui Pasca Operasi Caesar? Ketahui Solusinya Yuk, Moms!

menyusui setelah operasi

@m.klikdokter.com

Persalinan normal memang menjadi dambaan wanita. Namun, ada kalanya proses persalinan harus dilakukan secara caesar, misalnya saja karena ibu belum siap mental atau karena memiliki risiko kesehatan. Padahal, di lain sisi operasi caesar justru memberikan kesulitan tersendiri saat menyusui.

Proses menyusui pasca operasi terhalang oleh rasa sakit di luka sayatan. Bukan hanya itu, pasca operasi Moms juga memerlukan waktu pemulihan yang lebih lama dibandingkan pemulihan pasca persalinan normal. Lantas, bagaimana solusi yang tepat agar tetap bisa menyusui setelah operasi caesar?

Cara Mengatasi Sulit Menyusui Pasca Operasi Caesar

menyusui pasca operasi caesar

@uzone.id

IMD atau inisiasi menyusui dini adalah pemberian ASI pada bayi paling lama 1 jam setelah ia dilahirkan. Tujuannya adalah memberikan bayi kolostrum, yakni ASI pertama yang berguna untuk kekebalan tubuhnya. Namun, proses ini biasa terhalang oleh rasa sakit, kondisi ibu yang masih dalam masa pemulihan, dan obat penahan rasa sakit yang diberikan pasca operasi.

Baca Juga : Makan Coklat Saat Menyusui Ternyata Tak Selalu Aman, Cek Faktanya!

Meski banyak faktor penghambat, bukan berarti Moms tak bisa menyusui setelah operasi, lho! Moms tetap bisa menyusui dengan mengikuti beberapa cara berikut!

1. Gunakan Bantuan Bantal

Moms bisa mencoba meletakkan bantal di atas bekas luka operasi untuk membantu menumpu berat bayi. Pastikan pula Moms sudah duduk dengan posisi bersandar dan merasa nyaman sebelumnya. Awalnya mungkin terasa sakit, namun Moms harus mencoba menahannya dan akan terbiasa setelahnya.

2. Bersentuhan dengan Bayi

Bersentuhan dengan bayi (skin to skin) dapat merangsang ASI keluar. Selain itu, bersentuhan dengan bayi juga memicu keluarnya hormon yang kemudian mengurangi rasa sakit, lho! Hal yang sama juga berlaku jika Moms melahirkan melakukan persalinan normal.

3. Perbanyak Minum Air

Meminum lebih banyak air usai persalinan tak hanya mempercepat penyembuhan luka, melainkan pula membantu melancarkan produksi ASI. Hanya saja, masih banyak para ibu yang terjebak mitos terlalu banyak minum air dan makanan berkuah menyebabkan luka benyek. Padahal, air dan makanan berkuah justru membuat jahitan cepat kering.

Baca Juga : Jangan Sampai Bayi Kurang ASI, Kenali Tanda Bayi Cukup dan Kekurangan ASI Berikut!

4. Konsumsi Buah dan Sayur Sejak Hamil

Cara lain agar siap menyusui setelah melahirkan adalah dengan mempersiapkan amunisi ASI itu sendiri. Oleh karena itu, perbanyaklah makan buah dan sayur sejak masih hamil. Namun, jangan lupa memperhatikan kualitas buah dan sayur yang dikonsumsi karena apa yang Moms makan juga ikut dirasakan dampaknya oleh janin.

Tak ingin salah pilih kualitas buah dan sayur? Percayakan saja pada RegoPantes yang memiliki tim quality control untuk memilihkan buah dan sayur terbaik. Tim quality control ini nantinya juga akan mengemas buah dan sayur pesanan Anda sesuai dengan standar sehingga tetap segar sampai ke rumah Anda. Menariknya lagi, belanja di RegoPantes tak membebani ongkos kirim alias free ongkir untuk belanja minimal 4 Kg.

Tertarik mencoba? Install aplikasinya di sini dan dapatkan beragam penawaran menarik sekarang juga!

You Might Also Like