Motherhood

Tips Mengatasi Pusing dan Mual Saat Hamil, Lewati Kehamilan Tanpa Tersiksa

pusing dan mual saat hamil

@klikdokter.com

Ada banyak fase yang harus dilalui wanita selama masa kehamilannya. Dari sekian banyak fase, fase ‘mabuk’ di awal kehamilan termasuk salah satu yang paling sulit dilalui. Fase ini sebenarnya adalah fase penyesuaian tubuh. Di fase ini sering muncul keluhan seperti pusing dan mual saat hamil.

Sebenarnya, keluhan pusing dan mual adalah keluhan yang umum dan tak perlu terlalu dikhawatirkan jika tak terlalu parah. Anda hanya perlu memperbanyak istirahat dan memakan makanan bergizi. Rasa pusing juga bisa saja diakibatkan oleh anemia dan/atau turunnya tekanan darah sehingga Anda perlu mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi.

Pusing dan mual yang perlu segera mendapat pertolongan medis adalah rasa pusing dan mual yang mengganggu aktivitas. Anda bisa saja langsung muntah jika mencium aroma tertentu, atau bahkan tak bisa makan jenis makanan apapun. Di saat seperti ini, jangan menunggu lama untuk memeriksakan diri Anda.

Tips Mengatasi Mual dan Pusing Saat Hamil

mengatasi pusing dan mual, mual dan pusing saat hamil

@orami.co.id

Selain meminta bantuan medis, Anda sebenarnya juga bisa melewati masa ‘mabuk’ yang umum terjadi di semester pertama dengan mudah. Caranya cukup gampang, ikuti saja 4 tips singkat  berikut ini!

Baca Juga : Tak Hanya untuk Program Hamil, ini 3 Manfaat Buah Zuriat yang Jarang Diketahui

1. Berikan Tubuh Waktu

Saat pertama kali melihat hasil testpack positif, perasaan Anda pasti campur aduk antara bahagia, haru, dan bahkan muncul kekhawatiran-kekhawatiran yang sebenarnya tak perlu. Di saat seperti ini keseimbangan hormon mulai terganggu sehingga secara alamiah tubuh memberikan reaksi berupa pusing dan mual. Di saat seperti ini, tak ada yang lebih baik selain beristirahat dan menenangkan pikiran. Meluapkan perasaan pada orang lain juga diperlukan agar Anda merasa lebih lega.

2. Mandi Air Hangat

Perlu Anda ketahui jika salah satu cara ampuh mengatasi pusing dan mual saat hamil adalah menenangkan diri. Tak perlu refreshing yang sudah pasti menguras biaya, cukup mandi hangat dan berendam lebih lama. Mandi air hangat dapat memperlancar sirkulasi darah sehingga meminimalisir pusing serta capek.

3. Pijat

Siapa yang tak suka jika dipijat? Meski terkesan sederhana, pijat rupanya bisa mengurangi stress secara signifikan. Manfaat pijat relaksasi ini makin meningkat jika dilakukan oleh pasangan karena dapat memicu rasa bahagia yang melepaskan hormon endorfin. Hormon inilah yang kemudian menekan stress lebih cepat.

4. Jangan Biarkan Perut Kosong

Saat pusing dan mual, biasanya selera makan juga akan ikut menurun. Namun, jangan sampai Anda membiarkan perut dalam kondisi kosong, ya! Atasi masalah ini dengan makan lebih sering dalam porsi kecil. Selain itu, perhatikan pula kualitas makanan yang Anda akan. Pasalnya, apa yang Anda makan mempengaruhi seberapa banyak nutrisi yang diterima janin.

Sayangnya, kebanyakan ibu hamil tak memiliki banyak waktu untuk ke pasar karena kondisi tubuhnya yang payah. Jika Anda termasuk yang demikian, Anda tak perlu khawatir karena kini ada RegoPantes yang siap membantu Anda. RegoPantes membuat Anda lebih mudah mendapatkan bahan pangan berkualitas tanpa perlu repot keluar rumah.

Melalui RegoPantes, Anda bisa mendapatkan beragam kebutuhan dapur seperti buah, sayur, beras, hingga bumbu dapur. Menariknya, bahan pangan yang dikirim ke rumah Anda adalah hasil panen yang fresh alias baru petik dang langsung didistribusikan. Anda juga dijamin mendapat kualitas terbaik karena petani yang menjadi mitra adalah petani terdidik. Selain itu, Anda juga dimanjakan dengan berbagai keuntungan seperti belanja gratis ongkos kirim dan potongan harga dengan berbelanja melalui aplikasi.

0 Shares

You Might Also Like