Motherhood Untuk Bunda

Benarkah Bubur Instan Bayi Aman Dikonsumsi Terus Menerus? Kenali Kandungannya Yuk Moms!

nilai gizi bubur instan, bahaya bubur instan

@popmama.com

Saat usia anak sudah lebih dari 6 bulan, Bunda akan mulai disibukkan dengan pilih-pilih makanan yang tepat untuk MPASI. Bunda bisa memilih dua jenis makanan, yakni membuatnya sendiri atau memberikan si kecil bubur instan demi alasan kepraktisan.

Nah, jika Bunda termasuk orang yang memiliki kesibukan luar biasa, bubur instan seringkali dipilih karena lebih cepat dan mudah. Namun, apakah bubur instan aman dikonsumsi secara terus menerus? Adakah pengawet di dalamnya serta bagaimana nilai gizi bubur instan?

Alasan Bubur Instan Bisa Awet

Jika Bunda menyediakan makanan untuk si kecil, paling lama makanan tersebut hanya bisa bertahan selama 24 jam, itupun jika makanan tersebut dihangatkan. Sebaliknya, bubur instan yang belum diseduh bisa bertahan selama berbulan-bulan. Lantas, apakah ini artinya bubur instan bayi mengandung pengawet?

Bubur instan umumnya terbuat dari bahan alami seperti beras merah dan beras putih yang ditambah dengan aneka rasa seperti salmon, daging, ayam, sayuran dan buah. Bahan-bahan alami tersebut melalui proses miling atau penepungan. Selanjutnya, bahan tersebut akan melalui tahap freeze dry atau pengeringan hingga kadar airnya 0%. Proses inilah yang menyebabkan bubur instan awet karena tak memiliki kandungan air sama sekali.

Baca Juga : Tak Boleh Asal-asalan, Cara Membuat MPASI Ini Penting Bunda Perhatikan!

Nilai Gizi Bubur Instan

Dibuat dari bahan alami yang dikeringkan, sudah pasti nutrisi yang ada dalam bubur instan tetap ada. Hanya saja, memang lebih baik membuat sendiri daripada memberi makanan instan pada si kecil.

Jika Bunda tak sempat memasak bubur yang memang membutuhkan waktu lama, memberikan bubur instan ditambah dengan bahan alami mungkin bisa menjadi solusi. Misalnya saja menambahkan salmon atau daging cincang yang telah direbus pada bubur instan siap makan.

Nah, agar tak terjadi over nutrisi, Bunda bisa memberikan bahan alami tambahan yang berbeda dengan bubur instan. Misalnya jika bubur instan memiliki rasa ayam, Bunda bisa menambahkan jagung serut rebus atau brokoli kukus. Sebaliknya, jika bubur instan memiliki rasa sayur, Bunda bisa menambahkan protein hewani sebagai tambahannya.

Amankah Bubur Instan Terus Menerus?

Bubur instan umumnya memiliki rasa gurih, asin dan manis yang pas. Mungkin hal ini akan membuat para Bunda berfikir jika makanan instan bayi mengandung MSG.

Sebenarnya, MSG aman dikonsumsi pada bayi di atas 3 bulan jika takarannya tepat. Meski demikian, ada beberapa bayi yang menunjukkan reaksi alergi jika diberi MSG. Jadi, sepanjang anak tak menunjukkan reaksi alergi, pemberian bubur instan tak jadi masalah. Namun, Bunda perlu cermat dan menyeimbangkan gizinya dengan bahan alami.

Bahan Alami yang Baik untuk Menyeimbangkan Gizi Makanan Instan

bubur instan bayi

@susuibumenyusui.com

Seperti yang dibahas sebelumnya, tak ada bahaya bubur instan pada bayi yang sangat signifikan bagi kesehatan. Namun ingat, Bunda tetap harus memberi si kecil asupan gizi alami yang berasal dari sayur dan buah organik. Sayangnya, tantangan baru akan muncul jika Bunda ingin memberi buah dan sayur untuk si kecil. Pasalnya, kualitas buah dan sayur yang diberikan harus benar-benar terjamin.

Baca Juga : Tak Bakal Ditolak, Begini Cara Cerdas Agar Anak Doyan Buah dan Sayur

Nah, bagi Anda yang masih bingung dimana tempat mendapat buah dan sayur berkualitas, RegoPantes siap membantu Anda. Melalui RegoPantes, Anda bisa mendapat buah dan sayur segar langsung dari petani. Tak perlu repot, hanya dengan sekali klik Anda bisa mendapatkan bahan pangan segar di rumah keesokan harinya.

Eits, bukan hanya buah dan sayur loh, melalui RegoPantes Bunda juga bisa mendapatkan paket MPASI yang terdiri dari beragam jenis beras organik serta sayuran yang cocok untuk si kecil. Jadi, belanja lebih praktis dan hemat bukan?

 

You Might Also Like