Motherhood

Ingin Bayi Lahir Sehat dan Gemuk? 6 Buah ini Wajib Dikonsumsi Saat Hamil

butrisi saat hamil, nutrisi untuk janin

@simomot.com

Saat seorang wanita hamil, apa yang ia makan itulah yang disalurkan pada janin. Oleh karenanya, nutrisi saat hamil harus sangat diperhatikan agar janin bisa berkembang dengan baik. Selain itu, janin yang tak mendapat nutrisi semasa kehamilan akan dilahirkan dengan metabolisme tubuh kurang maksimal sehingga dapat memicu resiko kesehatan di masa mendatang.

Saat hamil, banyak wanita yang hanya memperhatikan asupan karbohidrat, protein dan lemak. Kelompok makanan yang kaya akan karbohidrat, protein dan lemak memang sudah cukup untuk membuat perut ‘asal kenyang’. Namun, bagaimana dengan nutrisi untuk janin?

Tak hanya butuh makanan ‘kelompok mengenyangkan’, janin juga butuh asupan buah dan sayur segar. Beragam jenis buah dan sayur mengandung asam folat, vitamin,  zat besi, betakaroten dan antioksidan yang juga dibutuhkan oleh janin.

1. Apel

Apel kaya akan vitamin C, A, serat dan kalium yang baik selama masa kehamilan. Sebuah penelitian menunjukkan jika anak yang lahir dari ibu yang mengkonsumsi apel selama kehamilan memiliki resiko alergi dan asma lebih rendah.

Baca Juga : Ibu Hamil Harus Waspada, Ternyata 4 Makanan Sehat Ini Tingkatkan Resiko Keguguran

2. Pisang

Pisang kaya akan potasium yang dapat menjadi sumber energi saat hamil. Kandungan serat di dalamnya baik untuk pencernaan, terlebih saat konstipasi sering muncul di trisemester ketiga kehamilan. Bukan hanya itu saja, pisang juga mengandung vitamin C dan B6 yang mampu mengurangi mual saat hamil.

3. Mangga

Memiliki rasa yang segar, banyak ibu hamil ‘nyidam’ mangga ketika hamil muda. Namun, mangga sebenarnya juga memiliki pengaruh positif pada kehamilan loh Moms! Semangkuk mangga mampu memenuhi kebutuhan vitamin C selama satu hari. Tak hanya itu, mangga juga mengandung vitamin A serta zat penting lain yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mangga juga sangat disarankan sebagai tambahan nutrisi ibu hamil muda. Hak ini dikarenakan mangga tak hanya kaya akan vitamin, namun juga memiliki rasa segar yang mampu menghilangkan mual.

4. Jeruk

Jeruk merupakan salah satu buah yang kaya akan asam folat sehingga mampu menurunkan resiko cacat janin. Jeruk juga memiliki kandungan serat serta vitamin C yang baik untuk kesehatan ibu dan janin. Oleh karenanya, mengkonsumsi jeruk sebagai camilan bisa dijadikan cara agar bayi lahir sehat dan gemuk.

5. Alpukat

bayi lahir sehat

@idntimes.com

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, maka kram kaki akan semakin sering terjadi. Di saat seperti ini manfaat alpukat bisa membantu mengatasinya loh Moms! Alpukat mengandung kalium dan kolin yang mampu mencegah ketegangan otot berulang. Asam folat dalam alpukat juga tak kalah dibanding buah lainnya sehingga baik untuk meningkatkan kecerdasan janin dan mengurangi resiko cacat. Menariknya, alpukat kaya akan lemak baik yang dapat meningkatkan berat janin tanpa menaikkan berat badan ibu.

Beragam buah di atas baiknya Moms konsumsi secara bergantian secara rutin. Sangat tak dianjurkan mengkonsumsinya secara bersamaan karena dikhawatirkan terjadi over nutrisi.

Selain takaran konsumsi, Moms juga harus memperhatikan kualitas buah yang dikonsumsi. Jangan sampai niat mempersehat kandungan namun justru meracuninya karena tergiur harga murah. Pasalnya, saat ini banyak buah dengan kandungan pengawet, pemanis dan pestisida yang berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin.

Tak mau salah pilih? Kini saatnya beralih ke RegoPantes. Tak hanya menjamin buah dan sayur berkulitas atas, RegoPantes juga memberi banyak kemudahan berbelanja. Mulai dari tawaran gratis ongkos kirim hingga beragam promo menarik.

0 Shares

You Might Also Like