Motherhood Untuk Bunda

Amankah Ibu Hamil dan Menyusui Pakai Krim Pemutih?

krim pemutih, bahaya krim pemutih

@pmjnews.com

Bukan rahasia lagi jika setiap wanita menginginkan penampilan cantik yang mempesona. Berbagai upaya dilakukan untuk tampil cantik, termasuk juga menggunakan berbagai makam skincare untuk memaksimalkan penampilan kulit. Salah satu jenis skincare yang masih banyak diminati hingga sekarang adalah krim pemutih.

Banyak wanita yang beranggapan jika cantik identik dengan kulit putih. Anggapan semacam inilah yang kemudian memicu penggunaan krim dengan iming-iming khasiat memutihkan. Namun, perlu juga diperhatikan jika tak semua krim whitening aman digunakan. Beberapa merk mungkin saja mengandung bahan kimia berbahaya seperti merkuri, hidrokuinon, steroid, rhododenol, ascorbic acid, dan turunannya sehingga penggunaannya harus sangat diperhatikan, terutama bagi ibu hamil dan menyusui.

Cara Memilih Krim Pemutih yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Aman tidaknya krim pemutih untuk ibu hamil dan menyusui tergantung dari kandungan krim yang digunakan. Jika Anda menggunakan krim racikan dokter, maka cara terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter Anda. Dokter akan memilihkan krim dengan kandungan paling aman serta menggunakan dosis yang tepat.

Jika Anda menggunakan krim yang dijual bebas di pasaran, maka pastikan krim tersebut sudah mengantongi izin BPOM. Perhatikan pula kandungan krim yang digunakan. Lebih baik, Anda memilih krim dengan bahan dasar alami meski hasil kerja krim baru terlihat setelah pemakaian cukup lama.

Baca Juga : Cara Mengatasi Rambut Rontok Mudah, Murah, dan Alami Ini Wajib Dipraktikkan

Apapun jenis krim yang Anda gunakan, baik krim dokter maupun krim yang dijual bebas, pastikan Anda melakukan tes alergi sebelum memutuskan mengenakannya. Caranya, oleskan krim pada plester, lalu lekatkan pada pergelangan tangan bagian dalam selama 24 jam. Jika muncul rasa gatal, panas, ruam merah, atau perih, segera hentikan pemakaian krim.

Bahaya Krim Pemutih Bagi Wanita Hamil dan Menyusui

Memutihkan kulit tanpa bahan kimia memang lebih cepat terlihat hasilnya. Namun, cara ini sebenarnya sama saja dengan merusak kulit serta menimbun racun dalam tubuh. Racun tersebut bisa saja menumpuk menjadi penyakit, atau muncul sebagai beragam masalah kulit ketika pemakaian krim dihentikan. Parahnya lagi, jika digunakan oleh ibu hamil, krim yang mengandung bahan kimia berbahaya dapat menimbulkan keguguran, cacat janin, dan bahkan kematian janin. Sedangkan jika digunakan oleh ibu menyusui, bahan kimia berbahaya bisa ikut mengalir melalui ASI sehingga berdampak buruk bagi bayi.

Memutihkan Kulit dengan Bahan Alami Jauh Lebih Aman

pemutih untuk ibu hamil

@priceprice.com

Daripada mempertaruhkan kesehatan anak, ibu hamil dan menyusui lebih disarankan beralih ke perawatan kulit dengan bahan alami. Berikut beberapa jenis bahan alami yang bisa membuat kulit putih tanpa bantuan krim.

1. Lemon

Kandungan vitamin C tinggi dalam lemon membuat buah yang satu ini sudah lama dipercaya sebagai bahan alami memutihkan kulit. Caranya, campurkan air lemon dan madu, masing-masing dua sendok. Setelah rata, tambahkan satu sendok makan gula pasir, aduk sebentar dan gunakan sebagai scrub.

2. Mentimun

Tahukah Anda jika salah satu penyebab kulit nampak gelap dan kusam adalah sel kulit mati dan kulit kering? Mentimun mampu mengatasi dua masalah penyebab kulit gelap tersebut. Memiliki kandungan air yang melembabkan serta vitamin A yang meratakan warna kulit, mentimun menjadi masker pilihan saat cuaca terik.

3. Bengkoang

Bukan rahasia lagi jika bengkoang banyak digunakan sebagai bahan dasar krim pemutih. Vitamin B yang terkandung dalam bengkoang dipercaya mampu mencerahkan kulit. Sedangkan vitamin C di dalamnya mampu mempercepat regenerasi sel kulit.

4. Alpukat

Alpukat mengandung vitamin E yang berguna mencegah penuaan dini akibat paparan sinar matahari. Vitamin C dalam alpukat juga cukup tinggi sehingga membantu pembentukan elastin dan kolagen yang berguna untuk membantu kulit tetap kenyal. Perpaduan vitamin C dan E inilah yang dipercaya mampu membuat kulit putih dengan cepat.

Jadi, Anda yang sedang hamil dan menyusui baiknya menghindari krim pemutih dan beralih pada bahan alami. Namun ingat, memutihkan kulit dengan bahan alami membutuhkan ketelatenan. Selain menggunakan bahan-alami seperti yang disebutkan di atas, mengkonsumsi buah dan sayur segar berkualitas juga membantu kulit Anda tetap segar dan cerah.

Sayangnya, menemukan buah dan sayur segar di pasar kini cukup sulit. Untungnya, sudah ada RegoPantes yang membantu Anda mendapatkan buah dan sayur segar tanpa perlu repot panas-panasan ke pasar. Anda tinggal klik apa yang Anda inginkan dan menunggu barang pesanan Anda dikirim sesuai dengan tanggal pengiriman. Jangan khawatir dengan kualitas, bahan pangan yang dikirim ke rumah Anda 100% bahan pangan segar baru panen dan dikirim langsung dari tangan petani.

You Might Also Like