Kesehatan Motherhood

Penting Untuk Ibu, Ini 4 Jenis Makanan yang Mampu Mengurangi Resiko Cacat Janin

resiko cacat janin, asupan nutrisi kehamilan

@beritagar.id

Semua ibu hamil pasti menginginkan anaknya lahir dengan sehat dan selamat. Oleh karenanya, setiap wanita pasti mengusahakan yang terbaik untuk janin yang dikandungnya. Salah satunya adalah dengan menjaga asupan nutrisi kehamilan untuk mencegah bayi cacat sejak lahir.

Bayi cacat umumnya disebabkan oleh gen dari orangtua. Namun, faktor eksternal seperti obat-obatan, infeksi dan kurangnya gizi juga bisa menjadi penyebabnya.

Ibu hamil pada dasarnya bisa mencegah bayi lahir cacat dengan memperhatikan kondisi kesehatan dan kebersihan selama kehamilan. Mulai dari menghindari rokok, alkohol, obat-obatan serta mencegah infeksi saat hamil. Selain itu, menjaga asupan gizi saat hamil juga tak kalah pentingnya. Adapun ragam jenis masakan yang bisa dijadikan asupan nutrisi kehamilan antara lain :

1. Kentang

Setiap harinya ibu hamil membutuhkan asam folat sekitar 600 hingga 800 mcg setiap harinya.  Asam folat ini diperlukan untuk perkembangan syaraf janin sehingga mengurangi resiko bayi cacat serta mencegah keguguran. Asam folat ini bisa dipenuhi dengan mengkonsumsi kentang rebus sebagai menu makanan tambahan atau pengganti karbohidrat. Manfaat yang sama juga bisa didapat dari sayuran seperti brokoli, bayam, kubis dan jagung. Selain itu, kelompok buah seperti pepaya, melon, jeruk dan pisang juga tergolong sebagai makanan tinggi asam folat yang dianjurkan untuk ibu hamil.

Baca Juga : Ibu Hamil Harus Waspada, Ternyata 4 Makanan Sehat Ini Tingkatkan Resiko Keguguran

2. Ikan dan Rumput Laut

Kekurangan yodhium di masa kehamilan dapat menyebabkan perkembangan syaraf janin, gangguan pertumbuhan fisik hingga mental janin. Oleh karena itu, rumput laut dan ikan laut dapat memenuhi kebutuhan yodhium selama hamil. Meski demikian bukan berarti yodhium selama hamil boleh berlebihan. Terlalu banyak mengkonsumsi yodhium bisa mengakibatkan bayi lahir dengan cacat intelektual, pertumbuhan yang tertunda hingga masalah jantung.

3. Tempe

Terkesan sederhana, tempe rupanya dapat mengurangi resiko cacat janin. Hal ini berkaitan dengan infeksi yang menjadi penyebab janin cacat. Probiotik yang terkandung dalam tempe dapat menghindarkan kemungkinan infeksi saat bayi melewati jalan lahir.

4. Kacang Kacangan

Selain asam folat, kandungan asam lemak omega 3 yang terkandung dalam kacang-kacangan juga dapat mengurangi resiko cacat janin. Kandungan asam lemak baik ini juga dapat mencegah bayi lahir prematur, resiko preeklamsa serta meningkatkan berat badan janin saat lahir.

Selain mengkonsumsi 4 jenis makanan untuk mencegah resiko cacat janin, menghindari paparan zat kimia juga penting untuk menjamin bayi lahir sehat. Bahan kimia yang dimaksud bisa berasal dari paparan polusi, kosmetik dan bisa juga berasal dari makanan yang secara tak sengaja dikonsumsi.

Jenis bahan kimia yang paling sering dikonsumsi secara tak sengaja adalah pestisida yang menempel pada buah dan sayur. Karenanya, selama kehamilan sangat disarankan mengkonsumsi bahan pangan organik yang 0% bahan kimia.

penyebab janin cacat

@mesinpertanian.id

Sayangnya, menemukan bahan pangan yang 100% organik saat ini sedikit susah. Inilah mengapa RegoPantes hadir sebagai solusi kebutuhan pangan Anda. RegoPantes membantu Anda mendapat bahan pangan 100% organik dengan jaminan mutu tinggi. Bahan pangan yang Anda dapat nantinya adalah hasil tani yang langsung disalurkan dari petani daerah sehingga menjamin kesegarannya.

Menariknya, berbelanja melalui RegoPantes berarti turut berpartisipasi untuk mensejahterakan petani. Hal ini dikarenakan RegoPantes menjual produk tanpa permainan harga sehingga petani bisa mendapat hasil yang pantas untuk kerja kerasnya. Pun demikian dengan konsumen yang mendapat kualitas atas dengan harga yang pantas.

You Might Also Like