Motherhood

Tetap Bisa Berpuasa Saat hamil Tanpa Lemas, Begini Triknya!

puasa saat hamil, puasa ketika hamil

@sehatfresh.com

Puasa ramadhan menjadi kewajiban setiap umat muslim. Namun, ada beberapa golongan yang tak diwajibkan puasa karena kondisinya, termasuk juga wanita hamil. Hal ini dikarenakan wanita hamil butuh banyak nutrisi sehingga puasa saat hamil dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan ibu dan janin.

Meski tak diwajibkan, cukup banyak wanita hamil yang ingin merasakan puasa di bulan Ramadhan. Lantas, bolehkah puasa ketika hamil?

Puasa Saat Hamil

Puasa saat hamil sebenarnya bisa saja dilakukan asal caranya tepat. Selama puasa, ibu hamil tetap harus memenuhi asupan nutrisi untuk janin, mengurangi aktivitas dan jika perlu meminum multivitamin. Ibu hamil juga harus ingat untuk tak memaksakan diri. Ibu mungkin saja kuat, namun bagaimana dengan janin?

Baca Juga : Puasa Disebut Bisa Mencerahkan Warna Kulit, Ternyata Begini Cara Kerjanya

Sama seperti halnya dengan orang dewasa, janin juga bisa lemas ketika diajak puasa. Padahal, fase dalam kandungan termasuk fase emas perkembangan sehingga sangat sayang untuk dilewatkan. Kekurangan nutrisi selama dalam kandungan bisa mengganggu perkembangan janin sehingga berdampak pada kehidupannya di masa mendatang.

Cara Berpuasa Ketika Hamil

berpuasa ketika hamil

@hellosehat.com

Meski ada resiko kekurangan nutrisi saat puasa, bukan berarti tak ada cara aman agar wanita hamil bisa berpuasa. Berikut tips sehat jika Anda ingin tetap menjalankan puasa meski tengah hamil.

1. Atur Rutinitas dan Kelola Stres

Ketika berpuasa, sebisa mungkin atur rutinitas harian dan hindari pekerjaan berat. Kelola juga stress karena stress akan menguras energi dan memunculkan rasa lapar.

2. Cukupi Cairan Tubuh

Ibu hamil membutuhkan cairan lebih banyak untuk menyuplai air ketuban sekaligus menghindari kaki bengkak. Oleh karena itu, cukupi asupan cairan saat santa sahur dan berbuka. Selain itu, hindari softdrink serta kafein seperti teh dan kopi karena berisiko menyebabkan dehidrasi.

3. Jangan Lupakan Protein

Kacang-kacangan, ikan, daging dan telur merupakan kelompok protein yang penting semasa kehamilan. Jika dikonsumsi saat sahur, kelompok makanan ini dapat membuat perut kenyang lebih lama. Tak hanya itu, protein juga bisa menjadi bekal yang cukup untuk janin sebelum diajak puasa seharian.

4. Karbohidrat Kompleks

Santap sahur dengan menu makanan berkarbohidrat kompleks juga membantu Anda kenyang lebih lama. Karbohidrat kompleks merupakan karbohidrat dengan susunan lebih rumit sehingga membutuhkan waktu cerna lebih lama. Contoh makanan karbohidrat kompleks adalah olahan gandum utuh, baik dalam bentuk sereal roti dan lain sebagainya.

5. Sayur dan Buah Segar

Kenyang saja tak akan cukup. Anda juga memerlukan serat dan vitamin tang bisa didapat dari buah dan sayur segar. Namun, jangan sembarang buah dan sayur karena ibu hamil harus benar-benar memperhatikan kualitas makanannya. Jika makanan yang dimakan ibu hamil kurang berkualitas, tentu saja akan berdampak bagi kesehatan janin.

Tak mau salah pilih kualitas pangan selama hamil? Percayakan segala kebutuhan Anda pada RegoPantes.com. RegoPantes akan membantu Anda mendapatkan beragam kebutuhan pangan seperti buah, sayur, beras dan bahkan bumbu dapur. Melalui RegoPantes, Anda dijamin mendapat kualitas atas dengan harga pantas. Menariknya, ada banyak promo menarik yang menanti Anda, mulai dari penawaran gratis ongkos kirim, diskon hingga even promo buah gratis.

0 Shares

You Might Also Like