Kesehatan Motherhood

Anak Lepas ASI, Haruskah Diberi Minum Susu?

susu formula lanjutan, anak lepas ASI

@popmama.com

Susu sangat lekat dengan kehidupan anak. Sejak lahir, susu berupa ASI menjadi sumber makanan terbaik untuk anak sebelum akhirnya dikenalkan dengan makanan padat di usia 6 bulan. Setelah itu, ASI masih harus terus diberikan hingga anak berusia 2 tahun. Setelah itu, haruskah anak mendapat susu formula lanjutan?

Selepas ASI, anak biasanya diberikan susu formula melalui botol. Pemberian susu formula semacam ini memang baik untuk memenuhi kebutuhan kalsium anak. Selain itu, susu juga mengandung banyak protein yang menunjang perkembangan dan pertumbuhan anak.

Namun, banyak yang salah kaprah tentang aturan pemberian susu. Banyak orangtua yang langsung merasa kebingungan begitu anaknya tak mau minum susu. Padahal, anak mungkin saja tak mau minum susu karena memiliki masalah yang selama ini tak kita pahami, misalnya saja tak suka rasa manis susu, intoleransi laktosa, dan bahkan alergi susu sapi.

Lantas, Bagaimana Jika Anak Tak Mau Minum Susu?

Sebenarnya, tak masalah jika anak tak mau minum susu. angan khawatir dengan kebutuhan gizinya, asalkan anak mau makan dengan gizi seimbang. Kebutuhan nutrisi seperti kalsium bisa didapat dari sumber makanan lain seperti kacang almond, kale, bayam, edamame, teri dan sumber kalsium lainnya. Pun demikian dengan protein yang masih bisa didapat dari daging dan telur.

Soal urusan vitamin, Anda juga tak usah khawatir. Memastikan anak mendapat porsi buah dan sayur yang cukup sudah cukup untuk mengatasinya. Namun, ingat, buah dan sayur yang diberikan haruslah buah dan sayur yang segar berkualitas. Pasalnya, vitamin sangat mudah rusak jika buah dan sayur tak lagi segar, apalagi jika sudah terlalu lama terpapar sinar matahari.

Baca Juga : 7 Daftar Makanan Kaya Zat Besi Ini Dibutuhkan oleh Tubuh Sehari-hari, Jangan Diremehkan!

Nah, untuk masalah persediaan buah dan sayur segar berkualitas, RegoPantes adalah solusi yang pantas Anda andalkan. RegoPantes membantu Anda mendapatkan buah dan sayur dalam kondisi baru petik langsung dari tangan petani. Buah dan sayur yang ditawarkan juga 100% bebas  bahan kimia berbahaya sehingga menjamin Anda mendapatkan 100% persen manfaat tanpa mengkhawatirkan resiko paparan kimia.

Takaran Susu Formula yang Pas

takaran susu formula

@klikdokter.com

Jika anak Anda tergolong doyan susu, takaran yang diberikan tak boleh sembarangan. Dilansir dari The Asia Parent, terlalu banyak memberi susu kepada anak justru menimbulkan resiko tak doyan makan. Pasalnya, kandungan kalori dan gula dalam susu membuat anak kenyang lebih lama. Akibatnya, anak malas mengkonsumsi makanan lain sehingga kebutuhan akan gizi lainnya kurang terpenuhi.

Solusi yang Paling Tepat Setelah Anak Lepas ASI

Setelah anak lepas ASI, susu memang sangat dianjurkan sebagai pelengkap gizi. Ingat, hanya sebagai pelengkap dan bukan sebagai sumber gizi utama. Anak tetap wajib mendapat gizi seimbang dari makanan sehari-hari. Jika memang anak mau minum susu formula, jangan paksakan. Cobalah beralih ke susu UHT dengan takaran maksimal 1/2 liter per hari. Jika anak masih tutup mulut, perbanyaklah pemberian makanan yang mengandung protein serta kalsium agar anak tetap tumbuh dengan baik meski tanpa mengkonsumsi susu.

Jadi, mulai sekarang jangan salah kaprah lagi mengenai susu formula lanjutan, ya! Meski penting pemberiannya pada anak tak diwajibkan. Namun, Anda harus selalu memenuhi gizi anak melalui pemberian makanan bergizi seimbang.

You Might Also Like