Motherhood

Tak Harus Pas 6 Bulan, ini Waktu Tepat MPASI untuk Si Kecil

tanda bayi siap MPASI, Tanda siap MPASI

@tumpi.id

MPASI atau makanan pendamping ASI umumnya diberikan saat bayi tepat berusia 6 bulan. Namun, pendapat umum tersebut sebenarnya tak sepenuhnya benar. Usia 6 bulan hanyalah usia rata-rata bayi diperbolehkan mengenal makanan selain ASI. Namun, Bunda harus memperhatikan tanda kesiapan bayi MPASI selain menghitung usianya.

Banyak yang beranggapan jika bayi yang lahir pada 1 Januari 2018 akan siap MPASI pada 1 Juli 2018. Secara hitungan awam, usianya memang tepat 6 bulan. Pemberian MPASI di usia itu tak disebut sebagai MPASI dini yang selama ini dilarang keras. Namun, benarkah bayi sudah siap dengan makanan padat?

Tanda Bayi Siap MPASI

Usia bayi MPASI tak harus tepat 6 bulan. Ada bayi yang sudah siap sebelum 6 bulan dan ada pula yang 6 bulan lebih bau siap menerima makanan padat. Lantas, bagaimana cirinya?

Dilansir dari theasiaparent, ada beberapa tanda bayi sudah siap mencerna makanan padat. Tanda-tanda tersebut, antara lain :

1. Mampu duduk tegak

Bayi yang diberi MPASI harus sudah bisa duduk tegak dan menyangga kepalanya sendiri. Hal ini penting diperhatikan agar bayi tidak tersedak saat makan. Selain itu, kepala yang tegak juga menjamin pernafasan bayi tetap lancar saat makan. Nah, jika bayi belum bisa duduk tegak saat usianya 6 bulan, lebih baik Bunda tunda dulu pemberian MPASI.

Baca Juga : Si Kecil Gampang Sakit? Bantu Tingkatkan Imunitas Anak dengan 5 Makanan Enak Ini

2. Membuka mulut saat ada sendok

Bayi punya insting sendiri mengenai kapan waktu yang tepat untuk makan. Insting tersebut ditandakan dengan refleks membuka mulut ketika didekatkan sendok ke wajahnya. Ia bertingkah seolah sudah benar-benar ingin makan seperti orang-orang di sekitarnya.

3. Tertarik dengan apa yang kita makan

Bayi yang siap makan akan tertarik dengan apa yang Bunda makan. Ia akan memperhatikan suapan demi suapan, menjulurkan lidah, dan membuat gerakan mengecap. Tak jarang, beberapa bayi juga merengek karena ingin mencicipi makanan yang Bunda makan.

4. Perubahan pola makan dan pola tidur

Waktu tepat MPASI ditandai juga dengan perubahan pola makan dan pola tidur. Bayi yang siap MPASI akan meminta susu lebih banyak dibanding biasanya. Tidurnya juga terlihat gelisah dan baru akan tenang setelah diberi susu. Tanda lainnya, ia akan terbangun lebih pagi dan meminta susu. Hal semacam ini menjadi tanda jika kapasitas lambung bayi sudah siap makan sehingga ia tak cukup kenyang jika hanya diberi susu.

Sudah mengetahui tanda bayi siap MPASI? Tapi, ingat ya bun, MPASI baru boleh diberikan jika semua tanda tersebut muncul dan bukan hanya salah satunya saja.

Lantas, Apa yang Harus Diberikan Pertama Kali?

waktu tepat MPASI

@orami.co.id

Banyak Bunda yang masih bingung dengan menu MPASI untuk pertama kalinya. Untuk 14 hari pertama, baiknya Bunda memberikan menu tunggal. Tujuannya adalah agar bayi belajar mengenal rasa, memberikan waktu adaptasi, dan melihat kemungkinan alergi.

Nah, jika ingin bayi tumbuh sehat dan tidak stunting, di hari ke 15 baiknya Bunda memberi MPASI 4*, yakni MPASI yang mengandung karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan serat. Masak MPASI sendiri tanpa tambahan gula dan garam, seta pastikan teksturnya benar-benar lembut dan mudah ditelan bayi.

Selain hal-hal yang dijelaskan di atas, Bunda juga harus  benar-benar memperhatikan bahan-bahan yang digunakan sebagai MPASI. Jangan sampai cara membuat MPASI sudah benar, tapi bahan yang digunakan kurang berkualitas sehingga gizi yang didapatkan bayi ,juga tak maksimal.

Nah, demi menjamin gizi MPASI anak, Bunda hanya boleh memilih bahan pangan segar dan berkualitas. Bingung dimana mendapatkannya? Beralih ke RegoPantes, yuk Bund!

RegoPantes mendistribusikan bahan pangan langsung dari tangan para petani terdidik sehingga terjaga kualitas dan kesegarannya. Bahan pangan yang didistribusikan dijamin bebas bahan kimia berbahaya sehingga pasti aman untuk bayi. Menariknya, RegoPantes juga menyediakan paket beras organik dan paket MPASI yang membuat Bunda lebih hemat. Menarik, bukan? Jadi, tunggu apa lagi, instal RegoPantes dan mulai belanja sekarang juga untuk menikmati beragam kemudahan dan promo menarik!

You Might Also Like