Kesehatan Motherhood

Ternyata Ada 6 Manfaat Salak untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Bantu Cerdaskan Janin

@ idntimes.com

Buah salak merupakan salah satu jenis buah tropis dan menjadi buah asli dari Indonesia. Buah dengan rasa manis sedikit asam ini dapat dijumpai di sepanjang musim. Salak termasuk ke dalam kategori tanaman palem dan bermanfaat bagi ibu hamil. Manfaat salak untuk ibu hamil sangat dipengaruhi oleh beragam kandungan sehat di dalamnya.

Manfaat Salak untuk Ibu Hamil dan Janin

Salak sangat berkhasiat untuk mempersehat ibu dan janin selama masa kehamilan. Beberapa manfaat buah yang satu ini antara lain adalah:

1. Mengurangi gejala mual

Manfaat salak untuk ibu hamil yang pertama adalah dapat mengatasi gejala mual. Seiring dengan bertumbuhnya janin di dalam perut ibu dan adanya perubahan hormon pada tubuh sang ibu, maka tubuh ibu akan mulai mengalami penyesuaian.  Penyesuaian ini seringkali disertai dengan gejala perut mual, pusing, dan tidak nafsu makan.

Buah salak terbukti sangat ampuh dalam mengatasi perut mual yang sering dirasakan oleh ibu selama masa kehamilan.

2. Mengatasi sembelit

@ shopback.co.id

Dengan tumbuhnya janin di dalam perut, maka tekanan di dalam rahim dapat mempengaruhi kerja otot-otot usus yang kemudian berakhir dengan susahnya buang air besar. Buah salak kaya akan serat yang bagus dalam membantu melancarkan buang air besar.

3. Mengatasi anemia

Manfaat salak untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah kemampuannya dalam mengatasi anemia. Bagi ibu hamil yang seringkali merasakan pusing dan badan yang cepat lelah merupakan tanda dari kurangnya sel darah merah atau sering juga disebut dengan anemia.

Salak mengandung zat besi dan tiamin yang dapat digunakan untuk mengatasi anemia. Kandungan zat besi bertugas untuk membantu menambah sel darah merah yang nantinya akan membawa oksigen ke janin.

Baca juga : 10 Manfaat Luar Biasa Salak Madu Bagi Kesehatan dan Kecantikan, Rugi Jika Ditinggalkan!

4. Sebagai sumber antioksidan

@ bukumedis.com

Buah salak mengandung betakarotin yang sangat tinggi di dalamnya. Betakarotin merupakan senyawa yang bekerja sebagai antioksidan yang sangat diperlukan oleh tubuh wanita yang sedang hamil. Antioksidan berperan baik dalam melawan radikal bebas penyebab berbagai penyakit.

5. Membantu pertumbuhan tulang pada janin

Selain bagus untuk kesehatan ibu hamil, salak juga bagus untuk janin. Adapun salah satu manfaat salak untuk janin adalah bagus untuk kesehatan tulang lantaran kandungan kalsiumnya yang tinggi.

Kalsium bagus untuk membantu perkembangan tulang sekaligus mencegah munculnya kelainan pada tulang. Salak juga dapat digunakan untuk mengurangi resiko osteoporosis pada ibu hamil.

6. Mencerdaskan janin

@ hellosehat.com

Buah salak dapat digunakan untuk membantu kecerdasan serta mempertahankan memori pada otak.  Salak mengandung pektin yang efektif dalam membangun sistem kecerdasan bagi bayi di dalam rahim sehingga sangat menguntungkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah salak mengandung kalsium, serat, zat besi, protein, vitamin B dan C, serta banyak kandungan gizi menyehatkan yang lainnya.

Bagi anda yang ingin mencukupi kebutuhan akan salak untuk keperluan memenuhi nutrisi selama kehamilan, bisa segera berkunjung di RegoPantes. Ada banyak jenis buah-buahan termasuk juga salak yang siap dibeli dengan harga terjangkau.

Situs belanja online Regopantes memiliki banyak produk pangan yang bisa didapatkan tanpa anda harus keluar rumah. Tersedia beragam jenis buah serta sayuran yang dipasok langsung oleh petani. Cukup lakukan pemesanan melalui WhatsApp atau aplikasi RegoPantes tersedia maka barang akan segera dikirimkan ke alamat tujuan sesuai pemesanan.

0 Shares

You Might Also Like