Motherhood Resep Tips

Tips dan Resep Menarik Menu MPASI 4 Bintang, Semua Ibu Wajib Tahu

@ momandme.rs

Jika bayi telah menginjak usia lebih dari 6 bulan, sebaiknya ia mendapatkan makanan pendamping ASI atau MPASI. Untuk 14 hari pertama bunda bisa memberinya menu tunggal yang terdiri dari 1 bahan makanan saja. Selanjutnya, bunda bisa memberinya menu MPASI 4 bintang. MPASI 4 bintang adalah makanan yang terdiri dari 4 unsur gizi.

Apa Itu MPASI 4 Bintang

MPASI 4 bintang merupakan menu pendamping ASI dengan 4 unsur gizi. Yang pertama adalah karbohidrat yang bisa didapatkan dari beras putih, beras merah, jagung serta umbi-umbian. Selanjutnya protein yang bisa diperoleh dari daging sapi, daging ayam, ikan atau telur. Ketiga adalah protein nabati yang bisa diperoleh dari kacang-kacangan seperti halnya tahu, tempe, polong dan kacang merah. Dan yang terakhir adalah sayuran seperti wortel, brokoli, labu dan lain sebagainya.

Pemberian menu MPASI 4 bintang sangat penting dilakukan terutama untuk masa pertumbuhan buah hati. MPASI 4 bintang mampu mencukupi kebutuhan akan zat besi hingga jenis nutrisi yang lain. Hal ini dilakukan agar buah hati anda terhindar dari stunting, berat badan rendah hingga mal nutrisi.

Resep Membuat MPASI 4 Bintang

@ youtube.com

Ada beberapa resep membuat menu MPASI 4 bintang yang bisa dicoba berikut ini.

1. Daging Ayam Tomat

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 3 buah tomat
  • 150 gr daging ayam
  • 1 buah jagung manis
  • 1 sdm tepung beras merah

Langkah-langkah pembuatan:

  1. Langkah pertama adalah memasak tepung beras merah hingga matang
  2. Selanjutnya rebus daging ayam selama kurang lebih 20 menit bersama dengan bawang putih, bawang bombay, daun prei dan daun seledri. Selanjutnya haluskan dan saring
  3. Rebus jagung manis selama kurang lebih 5 menit kemudian blender dan saring
  4. Selanjutnya rebus tomat selama 3 menit lalu blender dan saring
  5. Campur semua bahan lalu sajikan

2. Tuna Hijau

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 1 potong ikan tuna
  • 1 sdm tepung beras merah
  • 1 iris kabocha kuning kurang lebih 200 gram
  • 1 buah brokoli dengan ukuran sedang

Langkah-langkah pembuatan:

  1. Masak tepung beras merah sampai matang
  2. Selanjutnya rebus tuna selama kurang lebih 30 menit di slow cooker bersama dengan bumbu yang lain seperti jahe, bawang putih, bawang merah dan irisan wortel.
  3. Kukus brokoli selama kurang lebih 5 menit lalu haluskan dan saring
  4. Kukus kabocha kuning selama kurang lebih 3 menit lalu saring
  5. Campur semua bahan menjadi 1 saat akan disajikan

Baca juga : Tak Boleh Asal-asalan, Cara Membuat MPASI Ini Penting Bunda Perhatikan!

3. Telur ayam kampung

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat menu MPASI 4 bintang satu ini sebagai berikut.

  • 2 kuning telur ayam kampung
  • Segenggam orang dewasa kacang merah
  • 8 buah kentang kecil
  • Seiris kabocha kuning kurang lebih 200 gram

Langkah-langkah pembuatan:

  1. Pertama, rebus kentang selama kurang lebih 5 menit selanjutnya haluskan dan saring
  2. Rebus telur ayam kampung selama kurang lebih 6 menit. Ambil bagian kunignya lalu haluskan dengan menambahkan 1 sdt susu yang telah dicampur air matang
  3. Rebus kacang merah kurang lebih 15 menit lalu blender dan saring
  4. Kukus kabocha kuning selama kurang lebih 3 menit lalu saring
  5. Campur semua bahan menjadi satu dan tambahkan susu

Peraturan Pemberian Menu MPASI 4 Bintang

@ popmama.com

Meski bagus untuk pertumbuhan sang buah hati, namun bunda tetap harus memperhatikan beberapa peraturan pemberian menu MPASI 4 Bintang sebagai berikut.

1. Perhatikan reaksi alergi

Peraturan pemberian MPASI 4 Bintang yang pertama adalah memperhatikan reaksi alergi. Reaksi pemberian menu MPASI tentunya beragam seperti kulit bayi memerah atau tekstur pup yang keras, terlalu cair dan lain-lain. Jika demikian, ada baiknya menghentikan pemberian menu MPASI dan ganti dengan menu yang lain.

2. Buatlah catatan menu

Membuat catatan menu untuk pemberian MPASI, tentu banyak sekali manfaatnya. Pencatatan dilakukan agar bunda tahu mana menu favorit si kecil dan untuk mengetahui potensi alergi dari si buah hati.

Catatan menu bisa dibuat dengan mencatat menu yang dikonsumsi buah hati selama 1 minggu. Atur menu makanan dengan tidak menggabungkan jenis makanan berserat tinggi dan berpotensi membuat sembelit secara bersamaan seperti beras merah, wortel, pisang, buncis, kentang dan buncis.

3. Harus lolos dari menu tunggal

Menu MPASI 4 bintang sebaiknya diberikan jika buah hati telah lolos menu tunggal selama 14 hari. 4 unsur gizi dalam MPASI ini sebaiknya digabung dan diberikan secara bersamaan pada si buah hati. Tentukan pemberian porsi bayi sesuai dengan pola makan si kecil.

4. Imbangi dengan memberi asupan berupa cairan

Jika memberi buah hati dengan makanan yang didominasi oleh makanan tinggi serat, maka imbangi dengan cemilan seperti buah dengan kadar air yang tinggi seperti halnya semangka dan buah pir.

5. Jangan memaksakan kehendak anak

Hal penting yang harus dilakukan saat memberi buah hati menu MPASI 4 Bintang adalah dengan tidak memaksa mereka. MPASI adalah proses belajar anak dalam mengenal pertamanya selain ASI. Penting bagi bunda untuk tidak memaksa bayi menghabiskan makanannya dan biarkan ia mengenali tiap rasa dari makanan yang disajikan. Selanjutnya tentukan jenis makanan apa yang paling ia gemari.

Bagi bunda yang buah hatinya sudah siap MPASI, ada baiknya memperhatikan peraturan pemberian menu MPASI 4 bintang di atas. Sementara untuk pembelian produk bahan makanannya, tidak perlu khawatir karena RegoPantes menyediakan banyak produk pangan yang bisa dibeli setiap saat melalui sistem online yang pastinya membuat bunda lebih hemat waktu serta biaya transportasi.

Apalagi di RegoPantes juga terdapat Paket Mix MPASI yang bisa bunda jadikan pilihan praktis dan hemat. Anda sudah diberi beberapa pilihan bahan untuk menu MPASI buah hati. Selain itu, anda tidak lagi kerepotan untuk memenuhi kebutuhan pangan lain seperti buah, sayur, beras, dan bumbu dapur, karena semua tersedia lengkap di RegoPantes.

Semua produk pertanian di RegoPantes dijamin segar dan berkualitas karena langsung diambil dari para petani. Sehingga dijamin anda puas berbelanja online di RegoPantes.

You Might Also Like