Motherhood

Bunda Tak Boleh Sembarangan, Ternyata Inilah Waktu Tepat Bayi Minum Air Putih

@ moth3rs.com

Bayi tidak diperbolehkan untuk minum air hingga usianya telah genap mencapai 6 bulan. Hal ini merupakan pernyataan dari dokter serta ahli gizi dari berbagai belahan dunia. Bahkan saat cuaca sedang tidak bersahabat hingga begitu panasnya, bayi tidak akan mengalami yang namanya dehidrasi meski hanya mengonsumsi ASI ataupun susu formula saja. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir.

Nah berikut ini ada beberapa tahapan usia bayi serta pemberian air putih yang disarankan ataupun tidak.

1. Usia bayi lahir – 3 bulan

Bayi yang berusia sebelum 3 bulan masih memiliki perut yang kecil. Ia hanya dapat menerima air susu. Dan jika orang tua nekat memberinya air putih maka, air tersebut dapat mengganggu keseimbangan elektrolit yang ada di dalam tubuhnya. Jika hal ini diabaikan dan tetap dilakukan, maka kesehatan jantung dan otak bayi akan terpengaruh.

2. Usia 4 sampai dengan 6 bulan

Bayi dengan usia 4 sampai dengan 6 bulan belum membutuhkan asupan air untuk tambahan. Meski tidak berbahaya namun pemberian air putih masih belum dianjurkan.

3. Usia 5 sampai dengan 7 bulan

Pada usia ini buah hati telah mampu memegang benda sekaligus belajar untuk minum sendiri menggunakan gelas. Dalam hal ini, Anda bisa memberikan buah hati gelas air yang bisa digunakan untuk menyeruput air dari dalam gelas tersebut.

Ada baiknya untuk mengisi air secara penuh. Hal ini dilakukan agar buah hati bisa meminum tanpa harus menengadahkan kepalanya. Jangan lupa untuk menggunakan gelas yang berukuran kecil supaya buah hati tidak terlalu keberatan saat memegangnya.

Baca juga : Bunda Harus Tahu, 5 Macam Finger Food Ini Cocok Buat Bayi yang Belum Memiliki Gigi

Alasan Bayi Belum Boleh Minum Air Putih Dulu

@ baby.at

Sebagai orang tua, Anda harus tahu jika konsumsi air putih bisa membuat bayi menjadi lebih cepat kembung. Hingga akhirnya, konsumsi bayi pada ASI akan berkurang. Dengan demikian, penyerapan nutrisi yang diperoleh dari ASI akan berkurang.

Konsumsi air putih apalagi dalam jumlah banyak bisa membuat bayi mengalami keracunan air. Akibatnya tentu akan fatal bagi kondisi si buah hati. Apalagi dengan keadaan ginjalnya yang masih belum dapat berfungsi secara matang. Tubuh bayi akan mengeluarkan garam yang terlalu banyak bersamaan dengan air putih yang diminum.

Ketidakseimbangan ini bisa berpengaruh pada otak yang ditandai dengan rasa kantuk dan juga lemas. Adapun gejala lain dari kebanyakan air putih adalah kondisi suhu tubuh yang rendah hingga tubuh menjadi nampak lebih bengkak terutama di bagian wajah sampai gejala lainnya yang berupa kejang.

Pentingnya ASI untuk Buah Hati

ASI adalah asupan utama bagi buah hati Anda. Cukupi ASI berarti juga membantu tubuh kembang anak menjadi lebih baik. ASI sendiri mengandung banyak nutrisi sehat yang diperlukan oleh tubuh si kecil dan pastinya lebih mudah untuk dicerna di dalam tubuh. Hebatnya lagi, menyusui juga membuat bayi lebih kebal terhadap alergi hingga asma.

Bayi yang diberi ASI secara eksklusif selama 6 bulan pertama, akan menjadi lebih kebal terhadap infeksi telinga hingga serangan diare.

Sementara untuk pemberian air putih, Anda bisa memberikannya saat bayi sudah bisa mengonsumsi makanan pendamping atau MPASI.

RegoPantes menjual beragam makanan untuk keperluan dapur mulai dari sayuran, buah-buahan hingga produk praktis berupa kopi dan teh. Semua produk yang dijual di RegoPantes memiliki kualitas unggulan dan pastinya bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Proses pemesanan juga sangat mudah. Pengiriman ke alamat tujuan akan segera dilakukan setelah melewati proses pengemasan yang baik.

0 Shares

You Might Also Like