Inspirasi Motherhood Resep

9 Resep MPASI Buncis Ini Bakal Disukai Bayi, Bunda Wajib Mencoba

@ blendtec.com

Sayur buncis merupakan salah satu jenis sayuran yang mudah diolah untuk masakan rumahan hingga menu mpasi. Selain mudah, jenis sayur ini juga menyehatkan bagi buah hati bunda. Meski demikian, bunda harus tahu langkah pengolahan resep buncis yang tepat agar kandungan sehatnya tidak terbuang sia-sia selama proses memasak dilakukan.

Resep Buncis untuk Mpasi

Tertarik membuat menu dari resep mpasi buncis, bunda bisa mencoba beberapa resep yang berikut ini.

1. Telur dengan buncis

Menu mpasi buncis yang pertama adalah telur dan buncis. Menu ini bisa dibuat untuk bayi berusia di atas 10 bulan. Bunda bisa membuatkan buah hati makanan berupa campuran antara telur juga sayuran sehat buncis dengan langkah pembuatan yang mudah.

Langkah pertama adalah dengan menyiapkan olive oil sebanyak sesendok teh saja, 1 butir telur, sayur buncis secukupnya serta bawang merah. Jika bahan sudah disiapkan, bunda bisa mencuci dan memotong buncis menjadi bagian kecil-kecil. Selanjutnya panaskan wajan dan masukkan olive oil ke dalamnya. Tumis sampai bawang harum dan masukkan telur lalu cincang. Langkah terakhir adalah dengan memasukkan buncis dan aduk sampai matang.

2. Nasi tim tuna dengan buncis

@ supermama.me

Selanjutnya adalah nasi tim tuna dengan buncis. Cara pembuatannya cukup mudah yaitu dengan merebus air hingga mendidih lalu masukkan beras, ikan tuna yang telah potong jadi kecil-kecil sebelumnya. Selanjutnya masukkan sayuran lalu tambahkan tahu atau tempe jika diinginkan.

3. Nasi tim udang dengan wortel dan buncis

Resep buncis untuk mpasi selanjutnya adalah dengan menggunakan bahan udang, wortel, buncis serta nasi. Langkah pembuatan bisa dilakukan dengan cara mencincang halus udang lalu rebus setelah sebelumnya dikupas hingga bersih. Selanjutnya tambahkan buncis yang telah diiris tipis-tipis dan parutan wortel. Tambahkan bumbu ataupun rempah lalu satukan semua bahan untuk membuat nasi tim dengan kaldu.

Baca juga : Tips dan Resep Menarik Menu MPASI 4 Bintang, Semua Ibu Wajib Tahu

4. Nasi tim tofu teri buncis

@ pinterest.com

Buncis juga cocok dikombinasikan dengan ikan teri yang gurih dan pastinya bernutrisi tinggi. Langkah pembuatan resep buncis ini cukup mudah dilakukan yaitu dengan menggunakan teri medan lalu cincang hingga halus. Tumis teri serta buncis dengan tofu yang telah digoreng setengah matang. Selanjutnya bunda bisa menyajikannya dengan nasi tim.

5. Semur hati dengan buncis

Resep buncis selanjutnya adalah dengan menyajikan nasi tim dengan semur hati serta daging dan buncis. Langkah pembuatannya cukup mudah yaitu dengan cara memasaknya menjadi semur bersamaan dengan daging giling dan irisan buncis.

6. Nugget nasi ayam buncis

Untuk membuatkan buah hati camilan sehat, bunda bisa membuat sendiri nugget sehat dari ayam giling, wortel parut, mentega tanpa garam, tepung roti juga buncis parut. Selain untuk konsumsi buah hati, bunda juga bisa membuat camilan sehat ini untuk anggota keluarga yang lain.

7. Pure ikan kentang buncis

@ parentlane.com

Jika bunda yang ingin membuatkan buah hati menu pendamping asi yang sehat, bisa juga membuat masakan dengan pure ikan kentang buncis sebagai bahannya. Menu mpasi 4 bintang ini dibuat dengan protein hewani, karbohidrat, sayuran serta protein nabati.

Untuk pemilihan ikannya, bunda bisa memilih ikan patin, ikan kembung ataupun ikan salmon. Cara pembuatan juga cukup mudah sehingga tidak akan merepotkan bunda.

8. Pure caisim, telur, buncis dan kentang

Resep buncis untuk mpasi selanjutnya adalah sawi hijau, buncis, kuning telur dan pure kentang. Langkah pembuatan adalah dengan merebus buncis, caisim dan kentang sampai matang dan lunak. Selanjutnya rebus telur lalu ambil bagian kuningnya saja. Jika sudah, bunda bisa melumatkan perbahan supaya mudah untuk kemudian aduk rata semuanya.

9. Bubur tengiri, buncis dan wortel

@ cookingformybaby.com

Cara membuat resep mpasi buncis yang satu ini bisa dilakukan dengan cara menyiapkan bawang putih yang telah diparut, ikan tengiri yang telah direbus serta wortel dan minyak zaitun. Jika bahan-bahan telah matang, bunda bisa langsung mencampurkannya dengan bubur beras yang dimasak menggunakan kaldu rebusan ikan. Haluskan jika diperlukan dan sajikan saat masih hangat.

Manfaat Buncis untuk Kesehatan Anak

Ada banyak sekali alasan kenapa bunda sebaiknya membuat resep mpasi buncis sebagai berikut.

  • Buncis adalah salah satu sumber vitamin A yang bagus untuk meningkatkan kualitas penglihatan anak
  • Protein di dalam buncis tergolong cukup tinggi jika dibandingkan dengan jenis sayuran yang lain.
  • Sumber folat di dalam buncis berguna untuk memproduksi sel darah merah yang bagus untuk meningkatkan penyerapan gizi menuju seluruh organ tubuh anak. Folat juga bagus dalam memperkuat otak sekaligus untuk meningkatkan kinerjanya.
  • Buncis merupakan sumber vitamin C yang bagus untuk mencegah anak mudah terserang asma, batuk, flu ataupun jenis infeksi yang lain.
  • Serat dalam buncis bagus untuk menjaga kesehatan usus sekaligus untuk menghindarkan buah hati dari gangguan BAB, meningkatkan nafsu makan hingga menjauhkan buah hati dari berbagai gangguan penyakit.
  • Sebagai sumber antioksidan yang berguna untuk menetralisir radikal bebas yang diproduksi di dalam tubuh. Dengan demikian, kerusakan sel juga DNA karena radikal bebas bisa lebih diminimalisir.
  • Buncis menjadi salah satu sumber mineral yang baik bagi tubuh. Kandungan tersebut sangatlah penting terutama untuk menunjang pembentukan tulang serta gigi si buah hati ataupun untuk menunjang fungsi tubuh yang lain.

Dengan banyaknya manfaat buncis yang bisa didapatkan maka resep mpasi buncis sebaiknya bunda buat terutama untuk menunjang kesehatan si kecil. Dengan beragam menu buncis seperti di atas, bunda bisa mendapatkan varian menu buncis yang pastinya tidak membuat si kecil merasa bosan dengan menu yang itu-itu saja.

Tidak perlu bingung kemana bunda harus membeli buncis, karena di RegoPantes, bunda bisa mendapatkan buncis segar dengan harga terjangkau. Selain buncis beragam sayuran juga buah-buahan segar bisa dipesan melalui RegoPantes. Apalagi semua produk yang ada situs ini semua masih segar karena diambil langsung dari para petani.

Dengan kemudahan yang diberikan, maka anda akan gampang memperoleh sayur dan buah segar untuk kebutuhan mpasi atau kebutuhan keluarga tanpa harus kerepotan keluar rumah. Karena hanya memesan di situs RegoPantes, semua kebutuhan pangan bisa langsung sampai ke alamat rumah anda.

0 Shares

You Might Also Like