Motherhood Resep

Jangan Siksa Bayi Karena ASI Mampet, Segera Konsumsi Makanan Pelancar ASI Berikut Usai Bersalin

pelancar asi alami

@orami.co.id

Usai melahirkan keluhan asi mampet seringkali menjadi masalah para ibu. Di saat seperti ini susu formula mungkin bisa membantu menggantikan ASI sementara waktu. Namun, apakah ini berarti ibu boleh berdiam diri tanpa mencoba cara memperlancar ASI?

Ketika mengalami ASI mampet, sebenarnya Anda tak perlu terlalu khawatir. Pasalnya, kekhawatiran berlebih justru akan membuat produksi ASI semakin menurun. Daripada khawatir terlebih, alangkah baiknya jika Anda mencoba mengkonsumsi makanan pelancar ASI sesaat usai melahirkan.

Resep Makanan Pelancar ASI

makanan pelancar asi, cara memperlancar asi

@specialityproduct.com

Bagi Anda yang masih bingung dengan makanan apa yang baiknya dikonsumsi persalinan, berikut resep masakan yang baik pasca bersalin, terutama untuk memperlancar produksi ASI.

1. Sayur Bening

Sayur bening adalah salah satu jenis sayur sehat paska melahirkan, terutama bagi Anda yang memiliki alergi. Cara membuatnya juga sangat mudah, yakni dengan merebus dua siung bawang merah, gula, garam serta bayam hingga mendidih.

Bayam menjadi isian sayur yang paling disarankan karena bayam memiliki kandungan Phytoestrogens yang mampu memperlancar ASI. Selain itu, bayam juga kaya akan vitamin seta zat besi yang baik untuk memperbaiki kondisi ibu pasca bersalin.

Baca Juga : 13 Manfaat Menakjubkan Jambu Biji Merah, Aman Juga Bagi Ibu Hamil

2. Sayur Kelor

Identik dengan daun untuk memandikan jenazah, daun kelor rupanya juga berkhasiat bagi ibu menyusui. Daun kelor dapat memperlancar ASI sekaligus memperkuat daya tahan tubuh. Anda bisa mengolah daun kelor muda menjadi sayur asam atau sayur bening. Namun, Anda harus menambahkannya ketika sayur sudah mendidih dan rebus sebentar saja.

3. Daun Katuk

Banyak orangtua menyarankan agar ibu menyusui rajin menkonsumsi daun katuk. Hal ini sebenarnya bukan isapan jempol karena daun katuk memiliki kandungan steroid dan polifenol yang mampu meningkatkan kadar prolaktin, yakni hormon yang mempengaruhi produksi ASI.

Daun katuk paling enak dijadikan sayur bening. Namun, Anda juga bisa mengkonsumsinya dengan cara direbus dengan garam.

4. Puding Labu

Segala jenis labu dapat menjadi alternatif pelancar ASI alami. Agar rasanya lebih enak, labu bisa diolah menjadi puding dan dijadikan camilan sehat. Cara membuatnya cukup mudah, pertama-tama kupas labu lalu kukus. Setelah matang blender hingga halus. Campurkan dengan air serta agar-agar tawar (tambahkan gula jika suka manis). Rebus dan aduk hingga mendidih. Tuang dalam cetakan dan tunggu dingin.

Jika Anda tertarik mencoba resep yang satu ini, sangat disarankan untuk menggunakan labu jenis kabocha.  Ada dua jenis kabocha, yakni kabocha kuning dan kabocha hijau. Keduanya sama-sama baik untuk lakstasi sekaligus mencegah masalah pencernaan yang umum terjadi setelah bersalin.

Sulit menemukan kabocha berkualitas? Tenang, kini ada RegoPantes yang membantu Anda menemukan beragam sayur dan buah berkualitas, termasuk juga kabocha. menariknya, berbelanja melalui RegoPantes bukan hanya sekedar belanja, melainkan pula membantu kesejahteraan para petani. Pasalnya, petani akan diberi harga pantas tanpa permainan harga tengkulak. Jadi, kapan lagi bisa berbelanja kebutuhan dapur berkualitas sekaligus berbagi?

 

0 Shares

You Might Also Like