Inspirasi Resep Tips

Kabocha, Si Kuning Bernutrisi Tinggi Pas Buat Menu MPASI

@ idntimes.com

Buat ibu yang sedang bingung nyari bahan buah dan sayur buat si kecil yang kini butuh makanan pendamping ASI, maka bisa langsung cek di daftar sayur dan buah termasuk salah satunya Kabocha bisa dipesan dan diantar dari RegoPantes.

Dengan membeli kabocha dan aneka buah sayur di sini maka akan dapat harga pantas dan tak lagi merepotkan bunda untuk mendapatkan kualitas terbaik. Bunda akan dapatkan banyak manfaat dari buah warna oranye ini.

1. Ciri-Ciri Kabocha

Perlu bunda ketahui ya, kalau kabocha ini sendiri punya ciri khas sedikit berbeda dari waluh. Di negeri matahari terbit, kabocha sendiri bermakna ‘labu kuning’. Tapi buat membedakannya dengan waluh, kita biasa menyebutnya kabocha sesuai negara asalnya ya.

Ciri khas yang paling kentara itu bisa bunda lihat dari bentuknya lebih kecil dengan kulit kuning cerah. Kalau dagingnya berwarna kuning semu orange, teksturnya pipih keras, memiliki alur-alur, dan berkeriput. Pasti para bunda sudah tak asing kan setelah disebutkan ciri-cirinya ini?

2. Kandungan dan Manfaat Kabocha

Bunda juga harus ketahui kalau kandungan kabocha juga tak main-main. Buah berasa manis ini memiliki kandungan serat tinggi, namun rendah lemak. Terdapat kandungan betakaroten yang merupakan bentukan dari warna buah labu yang berwarna kuning-orange.

Betakaroten ini nantinya akan berubah jadi vitamin A saat sudah dicerna. Manfaatnya nanti bisa sebagai antioksidan bagi tubuh, sehingga bisa menghindarkan kita dari resiko penyakit jantung dan mencegah kita terkena sakit kanker lho bunda.

Tak hanya itu saja, ada kandungan lain yang tidak kalah hebat dari si labu ini bunda. Ada vitamin C, kalium, magnesium, fosfor, serta zat besi yang dibutuhkan banget oleh tubuh guna membantu proses metabolisme. Tingginya serat yang dikandung juga akan mengurangi resiko sembelit.

Mengutip sebuah penelitian, Cancer Chemoprevention Research Center (CCRC) Fakultas Farmasi UGM, daun labu kuning juga dapat dikonsumsi sebagai sayur dan bijinya dapat digunakan untuk mengobati penyakit yang disebabkan cacing pita. Bahkan manfaatnya juga baik bagi kaum wanita dalam hal perawatan kulit. Konsumsi rutin juga akan menghambat proses penuaan dini lho.

Pada penelitian lain, seorang peneliti Gary E dari Amerika Serikat menyebutkan “Orang yang makan banyak makanan mengandung zat antioksidan seperti vitamin C dan betakaroten yang tinggi mampu mengurangi serangan asma dan penyakit pernapasan, dan yang paling ideal adalah mengonsumsi labu kuning (kabocha).”

3. Kabocha Sebagai MPASI Bayi 6 Bulan

Nah, buat bunda yang saat ini tengah kebingungan buat mencari menu makanan pendukung buat si kecil yang sudah berusia 6 bulan. Maka si kabocha ini bisa jadi pilihan tepat. Karena sudah jelas kandungan serat, betakaroten, dan nutrisi lain di dalamnya yang baik buat dijadikan makanan pendamping ASI.

Para bunda tak perlu lagi ragu, karena kabocha ini jadi satu jenis makanan yang sudah banyak dipercaya dan dipilih sebagai salah satu makanan padat yang dikenalkan buat si kecil. Punya tekstur yang mudah dihaluskan juga akan membuat bunda tak kerepotan lagi membuat mpasi.

Biar bunda yakin, mpasi dari bahan labu kuning ini akan berikan banyak manfaat buat si baby lho. Selain bisa jadi antioksidan alami, kekebalan tubuh si kecil juga akan meningkat dengan menjadikan labu ini sebagai makanan padat pendamping ASI. Kabocha juga akan bantu mencegah dan menyembuhkan masalah cacingan si kecil lho, bunda.

Bunda bisa buat resep mpasi 6 bulan ini dengan labu kuning asal Jepang ini. Cara bikinnya juga mudah dan tak perlu bahan lain. Bagi ibu yang baru mencoba, bisa membuatnya pure labu jenis ini hanya dengan campuran ASI atau susu formula. Jika si kecil tak ada alergi, maka bisa lanjutkan mpasi kabocha dicampur bahan-bahan lain. Bunda harus coba ya!

Bahan-Bahan:

  • Kabocha secukupnya
  • 2 sendok makan sufor atau ASI

Cara Pembuatan:

  • Kupas kabocha, kemudian potong kecil-kecil dan cuci bersih
  • Kukus selama 15 menit
  • Penyet atau haluskan hingga benar-benar lumer
  • Saring dengan saringan lubang kecil
  • Tambahkan sufor atau ASI

Nah buat si kecil, bunda pastinya tak mau kan kasih sembarangan. Pastikan kabocha yang bunda beli ini fresh langsung dari petani. Dengan harga terjangkau, RegoPantes juga menyediakan si labu bergizi tinggi ini lho. Dengan pelayanan mudah, murah, dan pasti barang berkualitas, RegoPantes bisa jadi jujugan para bunda di kawasan Jabodetabek untuk belanja aneka sayur dan buah segar langsung dari petani.

You Might Also Like