Inspirasi Resep

Patut Dicoba di Rumah, 4 Resep Olahan Lobak Ini Begitu Menggugah Selera

resep olahan lobak, lobak

@ weddingku.com

Lobak memiliki bentuk seperti wortel namun kurang populer untuk dijadikan sebagai bahan utama dalam mengolah makanan. Padahal, lobak sendiri memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah untuk meningkatkan kesehatan rambut hingga bagus untuk kesehatan kulit. Belum lagi manfaat lainnya yang berupa mengurangi gejala demam.

Nah, bagi Anda yang teratrik untuk mengolah lobak, Anda bisa mencoba beberapa resep lobak yang berikut ini!

1. Lumpia

Resep yang pertama adalah membuat lumpia. Jika memang tak bisa menemukan rebung, Anda bisa menggantinya dengan lobak. Penggunaan lumpia sebagai bahan isian untuk lobak membuatnya begitu enak dan renyah. Apalagi jika Anda mengkombinasikannya dengan beberapa jenis bahan lainnya seperti telur orak-arik hingga udang.

Jika tertarik, Anda bisa mengiris lobak dengan bentuk tipis memanjang. Jangan lupa untuk merebus lobak dulu sampai empuk lalu disisihkan. Selanjutnya panaskan minyak lalu gunakan untuk menumis bawang putih serta ebi sampai wangi dan matang.

Masukkan udang lalu diaduk secara merata. Jangan lupa masukkan juga telur orak-arik lobak, daun bawang, gula dan merica. Tuangkan air di dalamnya lalu masak sampai airnya mendidih. Ambillah selembar kulit lumpia untuk kemudian beri isian dan lipat lalu direkatkan dengan 2 sendok makan terigu serta 5 sendok makan air dan goreng.

2. Kue Lobak

lobak, resep lobak

@ cookpad.com

Selanjutnya adalah kue lobak yang dikenal juga dengan sebutan turnip cake. Adapun kudapan yang satu ini adalah kudapan khas dari Tionghoa. Jika tertarik, Anda bisa menyiapkan lobak lalu dicuci hingga bersih selanjutnya parut kasar lobak. Selanjutnya, taruh adonan ke dalam loyang yang sebelumnya diolesi dengan minyak. Jika sudah kukus hingga matang, lalu potong kue lobak dan goreng sebentar menggunakan sedikit minyak.

Baca juga : Simak, Ternyata Ada 11 Manfaat Lobak Putih yang Tak Boleh Diremehkan

3. Tumis Lobak Warna-warni

Untuk membuat masakan yang satu ini, Anda bisa membersihkan lalu mencuci lobak terlebih dulu. Siapkan juga buncis dan wortel. Selanjutnya potong dengan bentuk memanjang. Cincang bawang putih kasar. Potong juga bawang bombai serta cabai rawit merah sesuai dengan selera. Tumis bawang putih juga bawang bombai lalu diaduk sampai harum.

Selanjutnya, masukkan wortel, lobak, cabai rawit lalu ditambahkan air secukupnya dan biarkan sampai empuk. Jika sudah, masukkan garam, gula, buncis dan aduk lalu koreksi rasanya. Langkah terakhir adalah dengan memasukkan daun bawang dan juga daun seledri lalu diaduk sebentar.

4. Kimchi

resep lobak, resep olahan lobak

@ idntimes.com

Anda juga bisa membuat makanan pendamping yang populer di Korea Selatan yakni kimchi. Langkah pembuatannya adalah dengan mencuci sawi putih sampai bersih. Selanjutnya taburi sawi putih dengan garam pada tiap helainya. Jika sudah tunggu sampai layu selama kurang lebih 45 menit. Potong korek api lobak putih yang sudah disiapkan berikut dengan wortel, kucai hingga daun bawang.

Buatlah air kanji dengan cara mencampurkan gula, air dan juga tepung beras. Selanjutnya aduk secara merata untuk kemudian dimasak sampai mendidih. Angkat lalu biarkan sampai dingin. Selanjutnya adalah dengan menghaluskan bawang putih, jahe, udang fermentasi dan bawang bombay.

Masukkan bumbu ke dalam air kanji serta tambahi bubuk cabai. Aduk merata lalu masukkan wortel, kucai, lobak, daun bawang serta sawi.

Soal mendapatkan lobak, Anda tidak perlu khawatir lagi. Sebab ada belanja mudah yang bisa dilakukan lewat RegoPantes. Belanja online di RegoPantes, Anda akan dapatkan beraneka kebutuhan termasuk buah dan sayur lokal berkualitas, tak hanya lobak pastinya.

Apalagi semua produk diambil langsung dari para petani lokal. Sehingga Anda tidak perlu khawatir soal kesegaran dan kualitasnya. ditambah lagi semua produk tidak akan melalui tengkulak, sehingga harga terbilang terjangkau sampai di tangan Anda. Tak perlu susah-susah lagi belanja sendiri, semua pesanan Anda di RegoPantes  akan dikirim langsung ke alamat tujuan.

You Might Also Like