Kesehatan Resep

Simak, Ternyata Ada 11 Manfaat Lobak Putih yang Tak Boleh Diremehkan

@ aok-erleben.de

Lobak putih merupakan sayuran yang seringkali dicampurkan ke dalam suatu bahan masakan. Sayuran yang satu ini kaya akan kandungan serat serta vitamin C di dalamnya. Bukan hanya itu, lobak putih juga mengandung nutrisi lain seperti halnya vitamin B, protein dan kalium. Kandungan tersebut berguna untuk menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

Di beberapa negara, lobak putih seringkali digunakan sebagai campuran dalam masakan sop, semur hingga kari. Lobak putih sendiri bisa ditemukan dengan mudah di pasaran dan dijual dengan harga yang murah.

Manfaat Mengonsumsi Lobak Putih

Ada banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan dalam mengonsumsi lobak putih. Beberapa manfaat tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Bantu Mengontrol Tekanan Darah

Lobak putih mengandung potasium yang cukup tinggi di dalamnya. Kandungan tersebut bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, potassium mampu mempertahankan keseimbangan antara natrium serta kalium di dalam tubuh. Dengan kandungan tersebut, sayur yang satu ini sangat baik dikonsumsi bagi para penderita hipertensi ataupun tekanan darah tinggi.

2. Mengontrol Kadar Gula Darah

@ hellosehat.com

Manfaat lobak putih yang selanjutnya adalah untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Sayuran berwarna putih yang satu ini memiliki kemampuan hipoglikemik yang berguna dalam menjaga kadar darah agar tetap berada dalam kisaran yang normal.

3. Mengobati Demam Dan Flu

Jika anda atau keluarga sedang mengalami gangguan penyakit demam atau flu, bisa menggunakan lobak putih sebagai solusi penyembuhannya. Lobak mengandung zat yang bersifat antibiotik sehingga bagus digunakan untuk mengatasi infeksi yang dapat menyebabkan gejala penyakit yang satu ini.

Baca juga : Simak, Ternyata Ada 11 Manfaat Daun Bawang dan Tips Menyimpan Agar Tahan Lama

4. Mencegah Radang Tulang Rawan

Lobak putih bisa juga digunakan untuk membantu mengobati gangguan kesehatan berupa osteoartritis. Lobak putih mengandung antioksidan yang baik dalam menangkal radikal bebas yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada bagian tulang rawan. Lobak putih juga mengandung vitamin C yang bisa digunakan untuk merangsang pembentukan kolagen yang dibutuhkan oleh tulang rawan.

5. Meningkatkan Sistem Kekelaban Tubuh

@ direktoriherbal.com

Manfaat Lobak putih yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sayuran sehat satu ini memiliki kandungan antioksidan yang didapat dari vitamin C-nya. Terdapat pula kandungan sehat lain yang berkontribusi pada peningkatan sistem kekebalan tubuh seperti halnya vitamin B, vitamin E serta potasium. Anda bisa mengonsumsi lobak putih secara teratur agar tubuh tidak mudah sakit.

6. Menurunkan Berat Badan

Selain manfaat di atas, anda juga bisa menurunkan berat badan melalui konsumsi lobak putih. Sayuran yang satu ini memiliki kandungan sehat berupa serat serta kandungan air yang cukup tinggi di dalamnya. Melalui kandungan tersebut, anda bisa menurunkan berat badan berlebih secara lebih cepat. Konsumsi juga jenis sayuran lainnya yang bagus untuk menurunkan berat badan dalam membantu proses diet anda.

7. Membantu Proses Detoksifikasi

Makanan yang anda konsumsi sehari-hari mengandung racun berbahaya yang sebaiknya segera dibuang. Karena jika dibiarkan dan menumpuk di dalam tubuh, racun tersebut bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan Lobak putih sebagai solusi. Kandungan sehat dalam lobak putih bisa membantu anda dalam membuang racun yang ada di dalam tubuh.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

@ mydermtalk.com

Manfaat lobak putih yang selanjutnya adalah untuk membuat kulit menjadi lebih sehat. Lobak putih mengandung beberapa kandungan sehat seperti halnya vitamin B, vitamin C, air serta beragam jenis mineral di dalamnya. Ragam kandungan tersebut mampu menjaga kulit untuk selalu lembab dan terhindar dari beragam gangguan kulit seperti kulit kusam, kulit pecah-pecah, kulit bersisik, kulit kering dan lain-lain.

9. Melancarkan Pencernaan

Lobak putih bagus untuk membantu kelancaran proses pencernaan. Hal ini dikarenakan, lobak putih mengandung serat di dalamnya. Kandungan tersebut dapat digunakan untuk membantu pergerakan usus agar menjadi lebih teratur. Serat juga bagus untuk meningkatkan kemampuan sistem pencernaan dalam tubuh agar metabolisme menjadi lebih baik.

10. Melindungi Organ Hati

Hati merupakan organ penting yang harus selalu dijaga kesehatannya. Jika fungsi hati terganggu, maka kesehatan tubuh juga akan dipertaruhkan. Lobak putih mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh termasuk salah satunya adalah sebagai pendetoks tubuh. Dengan mengonsumsi sayuran yang satu ini maka kerja hati dalam menetralisir racun dalam tubuh akan lebih  terbantu.

11. Menjaga Kesehatan Jantung

@ hellasjournal.com

Selain untuk menjaga kesehatan organ hati, lobak putih juga bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Serat yang dikandung dalam jenis sayuran yang satu ini dapat menyerap kolesterol untuk kemudian dibuang. Hal ini tentu berdampak pada penurunan kadar lipid di dalam darah.

Kadar lipid yang berkurang adalah kolesterol jahat dan trigliserida. Jika kadar tersebut menurun maka jantung akan tetap sehat.

Selain ragam manfaat di atas, masih banyak manfaat lain dari lobak putih yang bagus untuk mempersehat tubuh anda secara keseluruhan.

Resep Sayur Lobak Putih yang Patut Dicoba

@ tipssehat.web.id

Untuk menyajikan lobak putih bagi keluarga, anda bisa memasaknya dengan beragam cara. Jika tertarik, anda juga bisa mengikuti resep membuat sayur lobak putih berikut ini.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Rebung muda sebanyak 250 gram lalu bersihkan dan direbus selama 10 menit
  • Lobak putih sebanyak 300 gram lalu potong sesuai selera
  • 4 butir bawang putih yang dihaluskan
  • ½ sendok teh lada butiran
  • 1 batang serai
  • Air kaldu sebanyak 500 ml
  • Bawang merah 4 butir lalu haluskan
  • 1 buah bawang bombay yang diiris kasar
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 ½ sendok makan garam
  • 1 buah tomat
  • 1 batang daun bawang yang dipotong kasar
  • ½ sendok kaldu bubuk
  • Minyak goreng untuk keperluan menumis secukupnya

Langkah pembuatan:

  1. Persiapkan dulu panci, lalu masukkan air kaldu dan didihkan
  2. Tambahkan rebung muda, lobak putih, serai dan daun salam. Masak hingga setengah matang lalu angkat dan sisihkan
  3. Panaskan sedikit minyak ke dalam wajan lalu gunakan untuk menumis bawang bombay, bawang putih, tomat, gula pasir, kaldu bubuk dan daun bawang. Aduk sampai harum lalu angkat bumbu dan masukkan ke dalam rebusan sayur di atas. aduk sampai rata
  4. Tunggu sampai matang lalu tambahkan garam. Jangan lupa untuk melakukan tes rasa dan tunggu sayur sampai matang.
  5. Siap untuk disajikan.

Selain resep di atas, anda juga bisa mencoba resep lobak putih yang lain. Untuk memenuhi kebutuhan anda akan lobak putih, anda bisa mendapatkannya di RegoPantes. Situs belanja online satu ini menjual beragam keperluan dapur seperti halnya sayuran dan buah-buahan. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan kebutuhan lainnya seperti madu, beras juga hingga produk paket yang pastinya sangat mendukung kebutuhan rumah anda.

Semua produk hasil pertanian di RegoPantes segar dan terjamin mutunya. Sehingga anda selaku konsumen tidak ada lagi kekhawatiran. Ditambah lagi adanya harga yang terjangkau sesuai kualitas yang ada, dijamin anda akan puas. Belanja hemat di RegoPantes pasti menguntungkan. Pasalnya, selain anda tak perlu lagi repot keluar rumah, semua pesanan anda di RegoPantes langsung diantar ke alamat tujuan.

You Might Also Like