Tips

Anti Busuk, Begini Tips Menyimpan Buah Agar Awet, Anggur Bisa Tahan 3 Bulan Loh!

agar buah awet, tips menyimpan buah

@mommiesdaily.com

Pernahkah Anda merasa jengkel karena sudah berusaha memilih buah berkualitas tapi nyatanya justru tak bisa bertahan lama alias busuk setelah beberapa hari disimpan? Jika sudah begini, Anda hanya buang-buang uang karena buah tak lagi layak makan bukan?

Jangan salahkan pedagang buah, bisa jadi cara Anda menyimpan bah yang salah. Nah, agar buah tahan lama, cobalah menerapkan beberapa tips menyimpan buah berikut ini.

1. Apel dan Pir

Buah apel dan pir merupakan dua jenis buah yang mampu menghasilkan gas etilen lebih banyak dibanding buah jenis lainnya. Oleh karenanya, jangan simpan apel dan pir saling berdekatan. Sebaiknya Anda membungkus pir dan apel menggunakan kertas sebelum menyimpannya agar gas etilen yang dihasilkan tak memicu kematangan buah lainnya.

Baca Juga : Segudang Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui Publik

2. Mangga

Mangga merupakan jenis buah yang bisa matang dengan sendirinya. Oleh karenanya, jika Anda menyukai mangga mengkal, sebaiknya menyimpannya dalam kulkas ketika masih mentah. Namun, jika Anda menyukai mangga matang, simpan mangga dalam kulkas dan bisa membuatnya tahan hingga 3 hari.

3. Pisang

Buah yang seringkali tak tahan lama ketika disimpan adalah pisang. Namun, Anda bisa membuat pisang awet segar jika tahu trik cerdasnya. Caranya, rendam pisang dalam air bersuhu 50 derajat celcius hingga ujung bah pisang nampak basah. Setelahnya, pisahkan pisang dan bungkus satu persatu menggunakan plastik.

4. Semangka

Semangka tergolong buah yang tahan lama tanpa kulkas. Semangka utuh mampu bertahan hingga 10 hari di suhu ruang dan dua pekan jika diletakkan dalam kulkas. Jika ingin menyimpannya dalam bentuk irisan, pastikan Anda meletakkannya dalam wadah kedap udara dan simpan dalam kulkas. Anda juga bisa menerapkan cara menyimpan buah yang sudah dipotong layaknya buah kemasan di supermarket.

5. Anggur

agar buah tahan lama

@rumahtanaman.com

Jika tahu cara menyimpan yang benar, anggur bisa disimpan hingga 3 bulan loh! Anggur akan awet manis dan segar jika dicuci, dikeringkan dan disimpan dalam freezer. Sebelum disantap, Anggur dibiarkan dulu di suhu ruang.

Selain cara menyimpan yang tepat, kualitas buah juga harus sangat diperhatikan agar buah awet segar. Pasalnya, jika ada satu saja buah yang kurang berkualitas, maka akan menular pada bah lain yang disimpan bersamaan sehingga buah mudah busuk.

Bagaimana cara memastikan buah yang Anda beli benar-benar berkualitas? Tim quality control RegoPantes akan membantu Anda memastikannya. RegoPantes akan menjamin Anda mendapatkan buah segar langsung dari petani. Bukan hanya itu, dengan membeli buah serta sayur melalui RegoPantes berarti Anda turut membantu menyejahterakan petani. Jadi, dimana lagi Anda bisa berbelanja sekaligus berbagi?

You Might Also Like