Tips

Bedakan Sayur yang Harus Diolah dan Dimakan Mentah, Tak Boleh Asal-asalan!

@ foodinsight.org

Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dimasak dulu supaya memiliki rasa serta aroma yang menarik. Sayangnya, memasak beberapa bahan tertentu justru membuat kandungan nutrisinya jadi hilang. Tidak heran jika kemudian, banyak orang menganggap jika sayuran mentah lebih baik dikonsumsi dibandingkan dengan jenis sayuran yang matang. Namun, benarkah demikian?

Makanan yang Sebaiknya Dimasak Dulu

sayur olahan, sayur mentah

@ pantau.com

Anda harus tahu jika ada beberapa makanan yang sebaiknya dimasak dulu agar mudah dicerna. Beberapa penelitian juga menunjukkan jika sayuran yang dimasak mampu meningkatkan kadar antioksidan di dalamnya seperti halnya lutein serta betakaroten. Salah satu contohnya adalah sayuran berupa wortel. Jenis sayur yang satu ini sebaiknya dimasak dulu agar betakarotennya meningkat lebih tinggi dibandingkan dengan wortel yang mentah.

Selain wortel, ada juga tomat yang sebaiknya dimasak dulu sebelum dikonsumsi. Tomat mengandung antioksidan berupa likopen yang mudah diserap oleh tubuh setelah melalui proses pemasakan. Bahkan, penelitian menunjukkan jika likopen dalam tomat matang bisa meningkat 2 kali lipat dibandingkan dengan tomat yang masih mentah.

Berikut ini adalah jenis makanan yang sebaiknya dimasak dulu sebelum dikonsumsi:

  • Wortel untuk meningkatkan kandungan betakarotennya
  • Tomat untuk meningkatkan kandungan likopennya yang berhubungan dengan penurunan resiko kanker hingga serangan jantung
  • Asparagus dengan kandungan sehatnya yang berupa folat, asam ferulat, vitamin A, vitamin E dan vitamin C yang sebaiknya dimasak dulu agar mudah diserap tubuh
  • Bayam yang kaya nutrisi seperti magnesium, kalsium dan juga seng yang lebih mudah untuk diserap setelah melewati proses pemasakan
  • Daging, ikan dan ayam yang membuat bakteri dalamnya hilang sekaligus membuatnya lebih mudah untuk dimakan
  • Kentang yang akan lebih mudah untuk dimakan serta dicerna setelah melewati proses dimasak
  • Jamur sebelum dimakan sebaiknya dimasak dulu untuk menurunkan kadar agaritine yang merupakan zat berbahaya dalam jamur

Jika ingin mengonsumsi beragam jenis sayuran di atas, tidak ada salahnya untuk dimasak terlebih dahulu. Ada banyak olahan dari sayur di atas yang menarik untuk dicoba dan yang pasti digemari oleh keluarga.

Baca juga : Banyak yang Masih Salah, Begini Cara Menikmati Nilai Gizi Lengkap dari Buah dan Sayur

Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Mentah

sayur mentah, sayur olahan

@ lasehat.com

Lalu jenis makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi dalam kondisi mentah? Berikut penjelasannya.

  • Kol saat dimasak maka kandungan enzim myrosinase. Kandungan ini bisa mencegah penyakit kanker
  • Brokoli yang bisa berkurang kandungan sulforaphanenya jika dimasak. Kandungan sehat yang satu ini bisa menghambat pertumbuhan sel kanker
  • Bawang bombay yang sebaiknya dikonsumsi dalam kondisi mentah karena bisa membantu mencegah penyakit jantung dengan kandungan antiplateletnya.
  • Bawang putih mengandung senyawa sulfur yang bisa mencegah pertumbuhan kanker. Sayangnya kandungan allicin yang satu ini justru rentan terhadap panas. Sehingga, dikonsumsi mentah adalah pilihan yang lebih baik

Untuk mendapatkan nutrisi dari beragam jenis makanan di atas secara maksimal, Anda bisa mengonsumsinya secara mentah. Jika dimasak terlebih dahulu maka ada beberapa nutrisi yang justru berkurang dan tak bisa Anda dapatkan secara maksimal.

RegoPantes menjual beragam jenis bahan makanan yang bisa Anda dapatkan dengan mudah secara online. Cocok bagi Anda yang ingin membeli sayuran hingga buah-buahan tanpa harus keluar rumah.

Pemesanan di RegoPantes juga mudah dengan memesan di nomor pemesanan yang telah tersedia. Semua produk di RegoPantes dipasok secara langsung oleh petani sehingga memungkinkan Anda untuk mendapatkan kualitas produk yang bagus dan pastinya dengan harga terjangkau.

You Might Also Like