Tips

Ketombean Bikin Malu! Begini Cara Alami Mengatasi Ketombe Paling Ampuh

@ orami.co.id

Ketombe menjadi salah satu gangguan yang cukup banyak dialami oleh seseorang. Selain menyebabkan kepala terasa gatal, ketombe juga dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Inilah kenapa banyak orang yang lantas mencari cara mengatasi ketombe secara alami agar terhindar dari rasa gatal ataupun gangguan akibat ketombe lainnya.

Jika tertarik membasmi ketombe secara alami, Anda bisa melakukannya dengan manfaatkan beberapa bahan-bahan rumahan yang direkomendasikan berikut ini.

1. Minyak Kelapa

@ beritagar.id

Cara mengatasi ketombe yang pertama adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak yang satu ini memiliki banyak nutrisi yang bagus untuk kesehatan termasuk juga untuk kesehatan kepala. Cara menggunakan minyak kelapa bisa dilakukan dengan cara mengoleskan minyak tersebut pada kulit kepala yang tengah bermasalah sebelum keramas.

Jika digunakan secara rutin, minyak kelapa baik untuk mengusir ketombe hingga membuat rambut tetap sehat dan kuat. minyak kelapa juga mudah untuk dicari dan didapatkan dengan harga yang murah.

2. Cuka Apel

@ kucica.net

Ada juga cuka apel yang bisa digunakan untuk memberantas ketombe. Cuka apel sendiri memang dikenal sebagai salah satu bahan sehat yang bagus untuk tubuh bahkan untuk mengatasi beragam jenis penyakit hingga menurunkan berat badan.

Cuka apel memiliki tingkat keasaman yang mampu meluruhkan sel kulit mati yang ada di kepala. Cuka apel juga bagus digunakan untuk mengurangi pertumbuhan bakteri hingga mengatur pH kulit. Cara menggunakan cuka apel untuk mengatasi ketombe cukup mudah dilakukan yaitu dengan menyemprotkannya secara langsung di rambut.

3. Soda kue

@ fepimgas.pw

Selanjutnya adalah soda kue. Bukan hanya berguna untuk membuat kue, soda kue juga bagus digunakan untuk mengatasi ketombe. Banyak yang percaya jika soda kue bisa menghilangkan sel kulit mati hingga minyak berlebih yang ada di kulit kepala.

Produk pengembang kue yang satu ini juga memiliki sifat anti jamur. Meski demikian, perlu kehati-hatian untuk menggunakannya lantaran bisa merusak rambut jika digunakan secara sering.

Baca juga : 5 Manfaat Mencengangkan Madu Bagi Kulit dan Rambut yang Jarang Orang Tahu!

4. Memperbanyak Konsumsi Omega 3

@ foxnews.com

Cara mengatasi ketombe yang selanjutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi omega-3. Senyawa sehat yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat bukan hanya untuk sistem imun dan paru-paru namun juga bagus untuk meningkatkan kesehatan kulit. Kandungan yang satu ini juga bagus digunakan untuk mengatasi iritasi hingga membasmi  ketombe. Omega-3 sendiri bisa ditemukan dalam beragam jenis makanan seperti halnya tuna, walnut, alpukat dan lain sebagainya.

5. Tea Tree Oil

@ thebodyshop.co.id

Anda juga bisa memanfaatkan tea tree oil untuk membasmi ketombe di kepala. Penggunaannya bukan hanya bagus untuk mengatasi masalah ketombe namun juga dapat mengobati jerawat hingga mencegah infeksi dan juga jamur dengan kandungan antiseptik di dalamnya. Cara penggunaannya adalah dengan memasukkan beberapa tetes minyak ini ke dalam shampoo yang Anda gunakan.

6. Minyak Serai

@ hellosehat.com

Anda juga bisa menggunakan minyak serai guna mengatasi ketombe. Serai sendiri umumnya digunakan sebagai salah satu bahan penyedap dalam masakan. Tidak hanya itu, serai juga bisa digunakan untuk beberapa hal termasuk juga dijadikan minyak dengan cara diekstrak.

Selain mencari langsung shampo yang mengandung minyak serai, Anda juga bisa menambahkan sendiri beberapa tetes minyak tersebut pada shampoo yang digunakan.

RegoPantes menjual banyak bahan pangan yang bisa Anda gunakan untuk mencukupi beragam kebutuhan dapur di rumah. Selain dijual dengan harga terjangkau, produk di RegoPantes juga berkualitas dan didapat dari produk unggulan. Jangan khawatir soal kualitas, karena dijamin semua buah, sayur, dan aneka bahan pokok lain di RegoPantes masih dalam keadaan segar dari petani langsung.

0 Shares

You Might Also Like