Tips

Cara Mengolah Buah yang Tepat, Salah Olah Sebabkan Gizi Hilang

gizi buah, cara mengolah buah, olahan buah

@republika.co.id

Buah masih menjadi menu favorit yang menyegarkan. Tak heran jika saat ini banyak sekali kreasi menu masakan yang diolah dari bahan baku buah Namun, apakah olahan buah dapat dihitung sebagai konsumsi buah mengingat proses pemasakan mengurangi nutrisi pentingya?

Jika Anda menyukai buah bukan hanya soal rasa tapi juga manfaatnya, maka cara mengolah serta kualitas buah harus diperhatikan. Pastikan Anda hanya mengkonsumsi buah-buahan berkualitas dan bebas pengawet. Caranya cukup mudah, Hanya melalui RegoPantes Anda dapat mendapatkan aneka buah segar berkualitas namun dengan harga pantas.

RegoPantes akan membantu Anda mendapatkan buah-buahan langsung dari petani. Tanpa perlu repot memilih buah, buah yang dikirim ke rumah Anda sudah pasti berkualitas unggul karena sudah melalui proses quality control yang ketat.

Sudah dapat buah berkualitas, lalu bagaimana cara mengkonsumsinya agar kandungan gizinya tetap utuh?

Cara Mengolah Buah yang Tepat

@liputan6.com

Ingin mendapat gizi buah secara penuh? Perhatikan cara mengkonsumsi buah yang tepat berikut ini.

1. Cuci Bersih

Mencuci bersih buah dengan air mengalir akan membantu menghilangkan kotoran pada kulit buah. Anda boleh menggunakan sabun khusus buah dan sayur, namun pastikan membilasnya dengan air bersih mengalir. Setelah dicuci bersih, buah ditiriskan dan baru boleh disimpan dalam kulkas atau langsung dimakan.

Baca Juga : 10 Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan, Bagus Buat Diet lho!

2. Jangan Dimasak

Buah termasuk bahan pangan yang rentan akan panas. Mengolah buah dengan proses pemasakan, terutama dengan cara direbus atau digoreng membuat kandungan vitamin dalam buah menguap. Jika terpaksa memasak buah, misalnya memasak apel atau peer untuk MPASI, maka cara pemasakan yang paling dianjurkan adalah dengan mengukusnya.

3. Jus

Mengolah buah menjadi jus memang memudahkan mengkonsumsinya. Namun, beberapa orang beranggapan jika meminum jus buah berarti tak mendapatkan kandungan seratnya.

Sebenarnya, anggapan semacam ini salah besar. Proses penghalusan buah menjadi jus menggunakan blender atau juicer mungkin memisahkan serat dengan sari buah. Namun, yang dipisahkan adalah serat tak larut. Sedangkan serat larut yang baik untuk pencernaan tetap terkandung dalam serat buah.

4. Potongan Besar

Meski buah tak dianjurkan untuk dimasak, bukan berarti Anda tak bisa menyajikan menu olahan buah. Anda tetap bisa mengolah buah dengan catatan tak terlalu lama memanaskannya. Selain itu, olah buah dalam potongan besar agar nutrisi pentingnya tak banyak berkurang.

Sudah tau cara memasak buah agar tak berkurang kandungan nurisinya? Ingat, hanya beli buah yang benar-benar berkualitas. Dengan demikian uang tak akan terbuang sia-sia karena gizi dan rasa dapat didapat secara memuaskan.

Masih sulit menemukan buah berkualitas? Kunjungi saja RegoPantes. Menariknya, Anda juga memiliki kesempatan diskon menarik dengan menginstal aplikasinya loh! Tunggu apalagi, instal aplikasinya disini.

You Might Also Like