Tips

Biar Tak Gampang Lupa, 9 Makanan Ini Sangat Bagus untuk Mempertajam Daya Ingat

@ hellosehat.com

Otak merupakan salah satu bagian terpenting di dalam tubuh manusia. Sayangnya, bertambahnya usia membuat kinerja otak menjadi kurang maksimal. Inilah kenapa penting bagi Anda untuk mengonsumsi ragam makanan yang bisa mencegah terjadinya penurunan daya ingat akibat faktor usia.

Sebenarnya ada banyak ragam makanan untuk meningkatkan daya ingat. Nah, berikut ini adalah beragam makanan sehat untuk otak yang bisa Anda coba.

1. Biji-bijian

@ thegolfclub.info

Makanan yang bisa memperkuat memori otak yang pertama adalah biji-bijian. Jenis bahan makanan yang satu ini memiliki kandungan sehat berupa vitamin E yang bagus untuk otak. Biji-bijian sendiri ada banyak jenisnya mulai dari biji rami, biji labu, biji bunga matahari dan lain sebagainya.

2. Sayuran dengan Warna Hijau Tua

@ pinterest.ca

Jenis makanan yang baik untuk otak yang selanjutnya adalah sayuran dengan daun yang berwarna hijau. Jenis sayur ini memiliki kandungan sehat berupa vitamin E dan juga asam folat yang bagus untuk meningkatkan memori otak. Sayuran dengan warna hijau tua sendiri ada banyak sekali ragamnya mulai dari daun bayam hingga brokoli.

Baca juga : 3 Inspirasi Resep Olahan Wortel, Anak Pasti Lahap!

3. Apel

@ hellosehat.com

Selanjutnya adalah buah apel. Jenis buah yang satu ini sebaiknya dikonsumsi bersamaan dengan kulitnya. Kulit apel kaya akan qurcetin dan juga antioksidan yang bagus untuk mengurangi resiko terjadinya alzheimer.

Apalagi, jenis apel merah yang seringkali dikonsumsi terdapat pula kandungan sehat lainnya yang berupa anthosianin. Zat yang satu ini adalah sejenis antioksidan yang bagus dalam meningkatkan memori otak.

4. Bawang

@ medcom.id

Jenis bahan makanan lainnya yang bagus untuk otak adalah bawang. Bawang merah mengandung antyosianin dan quercetin. Quercetin juga bisa ditemukan dalam jenis bawang bombay dan bawang putih.

5. Bluberry

@ medicalnewstoday.com

Selanjutnya adalah buah blueberry yang memiliki kandungan sehat berupa antioksidan di dalamnya. Kandungan tersebut bagus untuk melawan serangan radikal bebas dan juga mencegah terjadinya kerusakan otak. Buah yang satu ini juga baik dalam meningkatkan memori otak sekaligus menghentikan terjadinya fungsi motorik.

Dalam studi terbaru disebutkan jika ragam buah berry seperti halnya bluberry dan stoberi bagus dalam mencegah hingga memperlambat terjadinya penurunan fungsi kognitif karena faktor usia.

6. Kopi

@ pegipegi.com

Selanjutnya adalah kopi. Konsumsi jenis minuman yang satu ini ternyata bisa meningkatkan memori otak. Jika dikonsumsi dalam jangka panjang, kopi bisa menurunkan terjadinya resiko terkena alzheimer. Namun perlu untuk dicatat, agar tidak mengonsumsinya secara berlebihan dan tidak menggunakan gula ya.

7. Kacang Tanah dan Selai Kacang

@ sajiansedap.grid.id

Meski sama-sama tinggi lemaknya namun kacang tanah dan juga selai kacang merupakan sumber makanan dengan lemak yang sehat. Apalagi terdapat juga kandungan vitamin E-nya yang bagus dalam mencegah terjadinya kehilangan memori.

Uniknya lagi lagi, kedua jenis makanan ini juga bagus digunakan untuk menjaga kesehatan jantung serta otak agar selalu sehat serta mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

8. Ikan

@ hellosehat.com

Beberapa jenis ikan seperti halnya ikan tuna, salmon hingga mackerel merupakan jenis ikan yang kaya akan asam lemak omega-3. Kandungan sehat yang satu ini bagus untuk meningkatkan ketajaman memori yang tentunya bagus untuk kegiatan sehari-hari kita.

9. Alpukat

@ republika.co.id

Ada juga buah alpukat yang siap untuk membantu jantung agar tetap sehat, membantu melancarkan aliran darah sampai ke otak hingga mengurangi tekanan darah tinggi.

Untuk mendapatkan beragam makanan sehat untuk otak di atas, Anda bisa berkunjung di situs belanja RegoPantes. Situs belanja yang satu ini siap membantu Anda mendapatkan beragam sayuran dan buah-buahan sehat tanpa perlu keluar rumah dan cukup secara online saja.

You Might Also Like