Tips

Bibir Kering dan Pecah-pecah Saat Puasa? Ini Cara Mengatasinya Tanpa Ribet

@ republika.co.id

Bibir kering atau pecah-pecah merupakan salah satu hal yang sering terjadi ketika sedang berpuasa. Hal ini tidaklah aneh mengingat selama berpuasa tubuh cenderung mengalami dehidrasi hingga berakibat pada bibir yang kering.

Lalu bagaimana langkah yang tepat dilakukan sebagai cara mengatasi bibir pecah-pecah dan kering saat berpuasa?

1. Hindari Makanan Asin dan Pedas Saat Berbuka Juga Sahur

@ klikdokter.com

Langkah pertama adalah dengan menghindari makanan asin serta jenis makanan yang pedas ketika sahur ataupun berbuka. Anda harus tahu jika makanan asin memiliki kandungan garam yang cukup tinggi di dalamnya. Kandungan tersebut dapat mengikat cairan yang ada di dalam tubuh. Sedangkan jenis makanan pedas bisa berakibat pada tubuh yang kehausan sepanjang hari.

Jika ingin mencegah bibir kering namun tidak bisa minum lantaran berpuasa, maka kedua jenis makanan tersebut sebaiknya Anda hindari terlebih dahulu agar bibir pecah-pecah bisa dihindari.

2. Gunakan Lip Balm

@ kawaiibeautyjapan.com

Cara mengatasi bibir kering selanjutnya adalah dengan menggunakan lip balm secara rutin. Lip balm merupakan senjata Andalan yang banyak digunakan oleh wanita untuk menghindarkan bibirnya dari pecah-pecah dan kering. Apalagi jika Anda bekerja di ruangan yang ber-AC, maka ada baiknya untuk menggunakan lip balm untuk mengatasinya.

Untuk jenis lip balm yang sebaiknya digunakan adalah pelembab bibir yang memiliki kandungan jojoba oil atau vitamin E di dalamnya. Kandungan-kandungan tersebut mampu melembapkan bibir secara lebih maksimal.

Baca juga : Tips Cegah Bau Mulut Saat Puasa, 6 Makanan Lezat Ini Rahasianya

3. Jangan Menjilat Bibir

@ okezone.com

Untuk menghindarkan bibir dari pecah-pecah, ada baiknya untuk menghindari menjilat bibir. Anda harus tahu jika menjilat bibir tidak akan membuat bibir menjadi lebih halus. Namun sebaliknya, air liur akan membuat bibir Anda menjadi semakin kering sehingga kondisi bibir bisa saja semakin buruk.

Supaya tubuh kembali terhindrasi setelah berpuasa, Anda bisa menggantinya kembali dengan cara memenuhi asupan air putih secara cukup. Anda bisa meminum 2 gelas ketika berbuka, 4 gelas air di malam hari serta 2 gelas saat sahur.

Selain konsumsi air minum yang cukup, Anda juga bisa mengganti cairan tubuh yang hilang dengan cara mengonsumsi buah-buahan. Beberapa buah-buahan yang mengandung banyak air antara lain adalah semangka, pir, jeruk dan lain sebagainya.

4. Hindari Mengonsumsi Minuman Berkafein

@ sehatfresh.com

Selanjutnya ada baiknya bagi Anda untuk menghindari minuman berkafein. Beberapa orang merupakan penggemar kopi sehingga minuman yang satu ini wajib ada sehari-hari. Sayangnya, konsumsi kopi saat sahur ataupun buka bisa menyebabkan kelembapan bibir menjadi berkurang sehingga gangguan bibir pecah-pecah bisa terjadi.

Inilah kenapa, ada baiknya untuk menghindari kopi atau setidaknya batasi asupan kopi Anda sebanyak 1 cangkir saja. Sebagai ganti kopi, Anda bisa mencoba konsumsi teh chamomile ataupun teh hijau yang tentunya lebih sehat bagi tubuh selama berpuasa.

5. Eksfoliasi Bibir Secara Rutin

@ beautynesia.id

Bibir yang kering serta pecah-pecah, bisa terjadi lantaran sel kulit mati yang menumpuk. Penting bagi Anda untuk melakukan eksfoliasi bibir untuk dapat menghilangkan sel kulit mati tersebut. Anda bisa melakukannya sebanyak 1 ataupun 2 kali selama seminggu setelah berbuka.

Anda juga bisa menggunakan madu yang dicampur dengan gula untuk melakukan scrubbing. Madu dikenal ampuh untuk membuat bibir menjadi lebih lembab. Anda bisa mengoleskannya setiap malam sebelum waktunya tidur.

RegoPantes menjual beberapa produk seperti halnya madu hingga buah-buahan yang bisa Anda gunakan sebagai cara mengatasi bibir pecah-pecah. Apalagi setiap produk yang tersedia di RegoPantes berasal dari para petani lokal yang telah diedukasi. Sehingga tidak kalah kualtasnya dengan produk impor.

Berbelanja mudah di RegoPantes bisa dilakukan dengan dua cara, pemesanan via WhatsApp ataupun lewat aplikasi. Semua bisa jadi pilihan menarik bagi Anda. Belanja di RegoPantes sama saja Anda membantu para petani mendapatkan kesejahteraan.

0 Shares

You Might Also Like