Tips

Sakit Perut Setelah Makan Pedas? Tak Lagi Khawatir, Begini Cara Tepat Mengatasinya

@ homehd.org

Konsumsi makanan pedas memang menyenangkan apalagi jika Anda adalah penggemar jenis makanan yang satu ini. Namun, konsumsi makanan pedas yang kebanyakan, terkadang bisa memicu yang namanya sakit perut hingga mengganggu keseharian pengonsumsinya. Apalagi jika Anda memang belum terbiasa dengan makanan tersebut.

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa perut yang dialami setelah makan pedas dengan beberapa tips berikut.

1. Minum Teh Chamomile

@ pista.news

Untuk mengatasi sakit perut akibat makanan pedas, Anda bisa meminum teh Chamomile. Jenis teh yang satu ini bagus untuk merangsang pengeluaran gas, merilekskan otot yang ada di saluran pencernaan hingga meredakan peradangan. Dengan demikian, Anda bisa mamanfaatkannya untuk mengatasi rasa sakit setelah makan pedas.

2. Kompres dengan Air Hangat

@ goodtoknow.co.uk

Cara yang selanjutnya adalah dengan menggunakan kompres hangat. Cara yang satu ini memang tidak mengatasi sakit perut langsung namun mampu memberi sensasi hangat yang bagus untuk melemaskan otot-otot di saluran cerna sekaligus untuk mengalihkan rasa sakit perut.

Cara menggunakan kompres hangat juga sangat mudah yaitu dengan menyiapkan botol yang berisi air hangat. Selanjutnya tempelkan pada perut yang sakit namun ingat untuk tidak terlalu lama saat menggunakannya. Karena ditakutkan akan menyebabkan yang namanya iritasi.

Baca juga : Tips Makan Pedas, Tak Lagi Takut Sensasi Lidah Terbakar!

3. Konsumsi Makanan dan Minuman Pelarut Capsaicin

@ kompasiana.com

Anda juga bisa menggunakan makanan ataupun jenis minuman yang dapat membuat capsaicin larut. Capsaicin yang larut kemudian akan berubah menjadi lemak. Untuk langkah pelarutannya sendiri, Anda bisa menyiapkan susu yang full fat, selai kacang, sedikit minyak zaitun atau dengan yogurt.

Anda harus tahu jika nasi dan juga roti tidak bisa melarutkan yang namanya capsaicin namun keduanya tetap bisa menyerap senyawa tersebut dengan baik.

4. Manfaatkan Madu dan Lemon

@ youtube.com

Selain dengan beberapa cara di atas, Anda juga bisa menggunakan madu untuk membuat perut sakit kembali tenang. Caranya cukup mudah yaitu dengan mencampur madu dan juga lemon. Selain meredakan sakit perut, cairan juga bisa diandalkan untuk membuat pedas di mulut menjadi lebih berkurang.

Madu sendiri adalah butiran alami yang bagus untuk menyerap capsaicin, sedangkan lemon memiliki sifat asam yang berguna untuk menetralisir capsaicin. Meski demikian, Anda harus lebih berhati-hati jika memiliki riwayat penyakit lambung.

5. Minum Air Rebusan Jahe

@ hellosehat.com

Bisa juga menggunakan air rebusan jahe untuk mengatasi perut yang sakit akibat makan pedas. Jahe merupakan bahan yang dikenal sebagai solusi untuk mengatasi gangguan perut. Jahe memiliki kandungan antiradang yang bagus untuk mengatasi diare, perut kembung, keluhan sakit perut hingga IBS atau irritable bowel syndrome. Jahe juga mudah untuk ditemukan di sekitar dengan harga yang murah.

Beberapa cara diatas bisa dilakukan untuk mengatasi sakit perut akibat mengonsumsi jenis makanan pedas. Namun jika efek sakit yang dirasakan tidak segera kunjung hilang, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan memberi tahu langkah yang tepat untuk mengatasi gangguan yang Anda alami.

Bagi Anda yang tengah sibuk untuk berbelanja sayur ataupun buah-buahan hingga produk dapur lainnya, Anda bisa langsung menuju ke situs RegoPantes. Ada banyak bahan dapur yang berkualitas dan pastinya siap untuk dijadikan stok Anda di rumah. Tidak hanya berkualitas, namun produk yang dijual di RegoPantes juga terjangkau sehingga cocok bagi Anda yang ingin berhemat.

0 Shares

You Might Also Like