Tips

Jangan Asal-asalan, 8 Cara Mengolah Kangkung yang Tepat Ini Wajib Diikuti Agar Terhindar dari Ulat

kangkung, cara mengolah kangkung

@ shopee.co.id

Pernahkah Anda mendengar kasus pada menu lezat seperti cha kangkung atau olahan lainnya yang ternyata memunculkan ulat ataupun cacing? Hal ini memang mengejutkan. Tapi jika ditilik dari lokasi tanam kangkung seperti di pinggiran sawah maka tak mengherankan bila kangkung bisa jadi pengantar hewan tersebut. Kesalahan fatal seperti ini sebenarnya tidak perlu terjadi bila cara pengolahan kangkung benar sebelum dimasak.

Jadi memasak kangkung itu tidak sekadar dicuci kemudian ditumis atau direbus. Pasalnya ada langkah-langkah mengolah kangkung sebelum dimasak yang perlu Anda ketahui berikut ini.

1. Gunakan Segera Saat Kangkung Masih Segar

Sebaiknya segera masak kangkung selagi masih dalam kondisi segar. Cirinya kangkung tersebut daunnya masih hijau dan batangnya masih padat (tak lembek).

2. Cuci Kangkung dengan Air Mengalir

Langkah mengolah kangkung berikutnya adalah mencucinya dengan air mengalir sembari menggosok bagian batangnya. Ini bertujuan agar ulat atau cacing di dalamnya ikut luruh.

3. Potong Kangkung dengan Ukuran Pas dan Belah Bagian Batang

Pada proses ini, usai kangkung ditiriskan maka segera potong kangkung sesuai ukuran yang diinginkan. Anda juga harus bagian batang menjadi dua. Tujuannya supaya daun dan batang nanti bisa matang dengan durasi waktu sama. Selain itu, dengan membelah bagian batang maka akan bisa membersihkan bagian dalamnya jika ada ulat ataupun telur ulat.

4. Cuci Kembali Pasca Dipotong

Langkah selanjutnya adalah Anda harus kembali mencuci kangkung dengan air mengalir agar kotoran yang mungkin masih menempel pasca dipotong luruh.

Baca juga : Cegah Bosan, 3 Kreasi Resep Cah Kangkung Lezat Ini Wajib Dicoba di Rumah

5. Rendam Kangkung dalam Air Garam

kangkung, langkah mengolah kangkung

@ popmama.com

Kembali rendam potongan kangkung tersebut ke dalam air garam selama 5-10 menit supaya kotoran dan ulat yang mungkin ada benar-benar mati, kemudian tiriskan.

6. Alternatif Lain Bisa Gunakan Air dan Cuka

Selain air garam, bisa Anda ganti dengan campuran air bersih ditambah 1-2 sendok makan cuka untuk merendam kangkung.

7. Cuci Kembali Pasca Direndam

Setelah direndam, maka segera cuci kembali dengan air mengalir untuk hilangkan aroma cuka atau garam. Maka kangkung tersebut sudah siap diolah.

8. Rebus Sebentar Lalu Dimasukkan dalam Wadah Berisi Es

Sebelum mengolah kangkung sebaiknya juga merebusnya terlebih dulu untuk memastikan kemungkinan adanya ulat atau serangga mati. Setidaknya rebus sampai daun tampak layu, tiriskan. Kemudian masukkan ke dalam wadah berisi es dengan tujuan warna hijau kangkung terjaga dan tekstur tetap renyah pasca direbus.

Sayur hijau satu ini memang terlihat mudah untuk diolah ya, tapi kenyataannya perlu langkah tepat terkait cara mengolah kangkung bukan? Maka dari itu Anda harus menerapkannya di rumah saat hendak memasak kangkung. Selain itu, pastikan juga Anda mendapatkan kangkung berkualitas bagus dan fresh.

Anda bisa mendapatkannya dari RegoPantes. Pasalnya di sini tersedia kangkung segar yang diambil langsung dari para petani yang siap dikemas kemudian diantar ke alamat rumah Anda. Selain itu, ada banyak pilihan sayur dan buah di RegoPantes untuk memenuhi kebutuhan harian Anda.

Semuanya bisa Anda dapatkan dengan harga bersahabat dan pastikan Anda mendapat free ongkir dengan pembelian minimal 4 kilogram saja. Apalagi sering ada banyak promo ditawarkan untuk Anda para konsumen RegoPantes. Mudah dan lebih hemat bukan belanja di RegoPantes!

You Might Also Like