Kesehatan Tips

Tips Mengolah Sayur Layu Agar Tetap Bernutrisi, Masih Bisa Dimakan lho!

sayur layu, nutrisi sayur layu

@ terra.com.br

Saat Anda berbelanja kebutuhan seperti sayur dan buah, mana yang akan Anda pilih, sayur segar atau layu? Tentu saja sebagian besar dari Anda akan memilih sayur segar. Hal ini sebenarnya tak sepenuhnya benar. Mengapa bisa begitu? Simak penjelasan di bawah ini.

Kandungan Nutrisi yang Masih Sama dengan Sayuran Segar

Ada beberapa buah dan sayur yang terlihat seperti kurang sempurna jika dibandingkan dengan lainnya, namun jangan dianggap kalau buah dan sayur seperti ini tidak mengandung nutrisi. Sayuran yang kurang sempurna sekalipun memiliki kandungan nutrisi yang sama dengan sayur segar. Maka dari itu, jangan cepat-cepat membuang sayur yang Anda temukan kurang sempurna alias layu ya.

Seperti yang dilansir dari Health, seorang nutrisionis dari Los Angeles, Rachel Beller, menyebutkan bahwa asalkan buah dan sayuran masih terlihat segar dan belum busuk, tidak masalah untuk dikonsumsi meskipun agak layu. Rachel bahkan menjamin kalau nutrisi yang dikandung sayuran tersebut masih tetap sama dengan sayuran segar.

Menurut Rachel yang juga merupakan seorang pendiri Beller Nutritional Institute ini, semua jenis buah dan sayuran dapat memenuhi asupan nutrisi harian Anda. Kebiasaan seperti membuang buah dan sayur yang sudah agak layu perlu Anda tinggalkan karena hanya akan merugikan diri Anda sendiri.

Cara Mengolah Sayuran Layu Agar Tetap Bernutrisi

sayur layu, cara mengolah sayur layu

@ okezone.com

Sebenarnya tidak ada cara khusus untuk mengolah sayuran layu agar tetap bernutrisi. Entah dengan direbus, digoreng, dipanggang, maupun dikukus, sayuran yang Anda olah masih memiliki kandungan nutrisi yang sama dengan sayuran segar. Jadi Anda tidak perlu lagi membuang-buang sayuran yang layu karena masih baik untuk dikonsumsi. Hanya saja Anda perlu memeriksa apakah sayur yang akan Anda olah berlubang karena dimakan ulat atau tidak. Kalau iya, potong bagian bekas gigitan ulat dan Anda bisa menggunakan sisanya untuk dimasak. Jangan lupa untuk mencuci sayur sebelum diolah dan dikonsumsi.

Hal yang perlu Anda ketahui adalah apabila sayur sudah dipisahkan dari batangnya maka nutrisinya akan berkurang sebagian. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi pada sayur disuplai dari batang dan akar, karena itu jika suplai nutrisinya diputus tentu saja kandungan nutrisi dalam sayur akan berkurang.

Baca juga : Bedakan Sayur yang Harus Diolah dan Dimakan Mentah, Tak Boleh Asal-asalan!

Cara pengolahan sayur yang baik berbeda-beda, bergantung pada jenis sayur yang akan Anda olah. Ada beberapa sayur yang setelah diolah akan semakin meningkat kandungan nutrisinya. Misalnya wortel, apabila Anda mengolah wortel dengan cara dikukus maka kandungan vitamin C dan beta karoten akan turun dan kandungan asam fenolat (antioksidan) akan meningkat.

Sedangkan jika Anda mengolah wortel dengan cara direbus maka kandungan beta karoten dalam wortel akan meningkat.

Dampak Membuang Buah dan Sayur yang Tampak Jelek

Dalam sebuah data menunjukkan bahwa lebih dari sepertiga makanan yang ada di dunia ini telah terbuang sia-sia. Dengan jumlah makanan terbuang yang besar itu sebenarnya dapat memenuhi kebutuhan makanan untuk milyaran orang yang kelaparan.

Banyak orang yang tidak menghabiskan makanannya hanya karena tampilannya kurang menarik dan berakhir dengan membuangnya. Kebiasaan membuang makanan dengan alasan sepele tersebut malah akan merusak keseimbangan hidup karena sisa makanan akan menyumbang kerusakan lingkungan.

Nah maka dari itu alangkah baiknya bila kita semua mencoba untuk selalu berbelanja hemat sesuai kebutuhan. Apalagi kini bisa belanja kebutuhan buah dan sayur serta pangan lain lewat digital dengan situs RegoPantes. RegoPantes menjual beragam produk pangan dengan harga yang terjangkau.

Terdapat banyak buah hingga sayuran sehat hasil pertanian lokal yang bisa Anda pesan melalui situs yang satu ini. Ragam produk di RegoPantes dipasok langsung oleh petani sehingga Anda bisa mendapatkan ragam produk segar dan pastinya berkualitas tinggi. Ditambah lagi sudah tersedia aplikasi RegoPantes yang bisa memudahkan Anda belanja melalui ponsel. Plus ada gratis ongkir lho untuk minimal pembelian 4kg!

You Might Also Like