Tips

Buah dan Sayur Mudah Busuk? Coba 5 Tips Menyimpan Buah dan Sayur Berikut!

cara menyimpan sayur, cara menyimpan buah

@inspirasimedina.com

Pernahkah Anda berusaha memilih buah dan sayur sebaik mungkin tapi justru lebih mudah membusuk ketika disimpan? Jika sudah demikian, apa yang salah? Cara menyimpan sayur dan buah ataukah kualitasnya?

Sebenarnya, baik cara menyimpan dan kualitas sama-sama mempengaruhi masa simpan buah dan sayur. Nah, agar uang belanja Anda tak lagi terbuang sia-sia karena bahan pangan membusuk, cobalah tips menyimpan buah dan sayur berikut:

1. Jangan Dicuci

Mencuci sayur dan buah sebelum disimpan, baik disimpan di ruang terbuka maupun di dalam kulkas sangat tak dianjurkan. Hal ini dikarenakan mencuci justru akan merusak perlindungan alami buah dan sayur. Selain itu, air juga akan meningkatkan kelembaban yang justru memicu perkembangan bakteri penyebab pembusukan.

2. Jangan Simpan Bersamaan

Menyimpan beberapa jenis buah dan sayur secara bersamaan juga sangat dilarang. Hal ini dikarenakan beberapa jenis buah dapat melepaskan gas etilen, yakni gas yang memicu pematangan buah serta pembusukan sayur.

Baca Juga : Manfaat Buah dan Sayur Ternyata Bisa Dilihat dari Bentuknya, Banyak yang Selama ini Tak Diduga!

3. Simpan Sayur dalam Plastik Berlubang

Lain halnya dengan buah, sayur justru membutuhkan gas untuk bernafas. Oleh karenanya, sayur harus disimpan dalam plastik berlubang atau tak disimpan dalam wadah. Hal ini bertujuan agar sayur tetap bisa bernafas dan awet segar. Menyimpan sayur dalam plastik tertutup akan menyebabkan sayur lebih lembab sehingga lebih cepat membusuk.

4. Bungkus Sayuran Hijau dengan Kertas

Sayuran hijau seperti sawi atau selada merupakan sayuran dengan kadar air tinggi. Ditambah dengan air yang dihasilkan dari hasil pernafasannya, sayur jenis ini lebih mudah lembab dan membusuk. Untuk mencegah pembusukannya, coba simpan sayuran dengan dibungkus dengan kertas terlebih dahulu. Tak perlu menutup seluruh permukaan sayur, cukup menggulungnya lalu menyimpannya dalam lemari es.

5. Pastikan Buah dan Sayur Berkualitas

tips menyimpan buah

Selain cara menyimpan buah dan sayur, kualitas buah dan sayur juga harus benar-benar diperhatikan. Jangan-jangan Anda sudah merasa memilih buah dan sayur berkualitas namun justru tertipu dengan penampilan luarnya. Tak mau lagi salah pilih dan buang-buah uang belanja? Percayakan saja kebutuhan dapur Anda pada RegoPantes.

RegoPantes akan membantu Anda menemukan bahan pangan berkualitas langsung dari tangan petani. Buah yang dikirim merupakan buah baru panen yang sudah pasti terjaga kesegaran. Harga yang Kami tawarkan juga harga pantas yang pasti tak memberatkan kantong. Yuk pesan kebutuhanmu sekarang dan dapatkan beragam promo menariknya!

You Might Also Like