Tips

5 Tips Mencegah Kerusakan Vitamin dalam Buah, Nikmati Kelezatan Buah dengan Gizi Penuh

mencegah kerusakan vitamin, gizi buah

@popmama.com

Buah menjadi menu sehat yang paling diincar karena tak perlu diolah pun sudah menjadi kudapan yang lezat. Selain itu, beberapa buah juga banyak digemari lantaran kandungan vitamin C yang dipercaya menunjang kesehatan kulit serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Sayangnya, vitamin C tergolong senyawa yang rentan akan kerusakan. Kandungan vitamin C dalam buah bisa saja rusak sehingga saat memakan buah kita kurang mendapat manfaatnya.

Cara Mencegah Kerusakan Vitamin C dalam Buah

Vitamin c dalam buah dan sayur sangat mudah rusak akibat oksigen dan panas. Selain itu, beberapa jenis sayur mungkin bisa kehilangan kandungan vitaminnya dengan mudah hanya melalui rendaman air terlalu lama. Oleh karenanya, jangan sembarangan pilih buah dan sayur serta hati-hati dalam mengolahnya. Simak tips mempertahankan kandungan vitamin C dalam buah berikut agar tetap merasakan manfaat yang utuh ketika mengkonsumsinya.

1. Cara Menyimpan yang Benar

Vitamin C mudah rusak jika terkena oksigen bebas. Selain itu, gas etilen yang dikeluarkan oleh buah bisa memicu pematangan sehingga mudah membusuk jika beberapa jenis buah ditaruh dalam wadah yang sama. Untuk mengantisipasi hal ini, simpan buah dalam plastik kedap udara dan simpan dengan aturan satu plastik berisi satu jenis buah. Setelah itu, simpan dalam lemari es.

2. Cara Mencuci yang Benar

Cara mencuci buah juga harus sangat diperhatikan agar kandungan gizinya tak hilang. Pastikan tak mencuci buah sebelum menyimpannya karena akan menghilangkan perlindungan alami buah dan mempercepat pembusukan. Hindari pula merendam buah terlalu lama agar vitaminya tak hilang.

Baca Juga : Menguak 6 Manfaat Kyuri, Timun Jepang yang Bisa Dikreasikan Jadi Aneka Resep Kaya Nutrisi

3. Jangan Terlalu Lama Memasak

Terkadang kita ingin memasak buah menjadi olahan khusus, misalnya saja keripik atau bahan campuran kue. Hal ini sebenarnya boleh saja, namun hindari memasak terlalu lama karena panas saat proses pemasakan akan mengurangi gizi buah.

4. Hindari Memasak dengan Api Besar

menu sehat

@tastemade.com

Selain memasak terlalu lama, memasak dengan api besar juga tak disarankan. Hal serupa juga berlaku bagi cara memasak sayuran, terutama sayuran hijau yang tak boleh terlalu lama dimasak maupun dengan menggunakan air besar.

5. Waspadai Sinar Matahari

Banyak yang tak menyadari jika sinar matahari menjadi penyebab hilangnya gizi buah yang paling sering terjadi. Banyak orang yang membeli buah di sembarang tempat sehingga memungkinkan buah terpapar sinar matahari terlalu lama. Selain itu, buah yang sudah kehilangan kesegarannya juga memiliki rasa yang kurang lezat.

Sayangnya, kebanyakan buah yang tersedia di pasaran bukanlah buah segar langsung petik. Proses pendistribusiannya membutuhkan waktu lama sehingga mengurangi kesegaran dan memungkinkan paparan sinar matahari selama perjalanan.

Ingin merasakan nikmatnya buah langsung petik dan langsung dikirim ke rumah Anda? Pilih buah apa saja yang Anda inginkan melalui RegoPantes.com. RegoPantes akan membantu Anda mendapatkan buah berkualitas dengan harga pantas, langsung dikirim ke rumah Anda tanpa ongkos kirim serta beragam penawaran menarik lainnya.

 

You Might Also Like