Tips

Tips Makan Pedas, Tak Lagi Takut Sensasi Lidah Terbakar!

akibat makanan pedas, menghilangkan rasa pedas

@medium.com

Anda pecinta makanan pedas? Jika iya, pasti pernah merasakan sensasi lidah terbakar akibat makanan pedas hingga mata berair. Jika sudah demikian, jangan kapok dengan makanan favorit Anda. Makan pedas tetap bisa berlanjut tanpa keluhan mata berair dan lidah terbakar. Bagaimana bisa?

Tips Makan Pedas Tanpa Takut Lidah Terbakar

Makanan pedas umumnya disajikan dalam keadaan panas atau hangat. Hal ini membuat lidah makin terasa terbakar meski baru mencicipi sedikit. Oleh karenanya, lebih baik mengkonsumsi makanan pedas ketika suhunya sudah mulai turun. Masih tetap ingin mengkonsumsi makanan pedas selagi hangat tapi ogah dengan sensasi terbakar di lidah? Ikuti tips makan pedas berikut yuk! Eits, tapi tetap batasi konsumsi makanan pedas demi kesehatan lambung ya!

1. Sediakan Air Putih Hangat

Meminum air dingin usai memakan makanan pedas tak banyak membantu untuk menghilangkan rasa panas di lidah. Cara yang paling efektif adalah meminum air hangat karena dapat menghilangkan zat-zat penyebab rasa pedas. Mulanya mungkin lidah akan makin terasa makin panas, namun sesaat kemudian sensasi pedas serta rasa terbakar akan hilang.

2. Nasi Putih

Di sela makan makanan pedas, mengunyah nasi putih juga bisa membantu menghilangkan sensasi pedas di lidah loh! Karbohidrat dalam nasi akan membantu menghilangkan sensasi pedas dan terbakar di mulut Anda.

Baca Juga : 10 Macam Buah untuk Ibu Hamil dan Tips Memilih Agar Tak Membahayakan Bayi

3. Coklat

Rasa pedas yang tertinggal di lidah dapat dihilangkan dengan mengunyah dark chocolate. Kunyah secara perlahan untuk menyamarkan rasa pedas serta menggantinya dengan rasa manis. Cara ini lebih efektif dibanding dengan mengkonsumsi gula sebagai penawar pedas.

4. Jeruk Nipis

Memotong jeruk nipis dengan irisan tipis lalu menghisapnya juga dapat meredakan rasa terbakar di lidah. Namun, jangan mengambil potongan jeruk nipis terlalu banyak karena dapat memicu kenaikan asam lambung.

5. Jus Buah

tips makan pedas

@primarasa.co.id

Jus buah juga dapat membantu menetralisir rasa pedas di lidah. Selain itu, jus buah juga membantu meredakan rasa pusing yang sering muncul usai mengkonsumsi makanan pedas. Namun, jangan pilih asal sembarang buah ya! Pastikan Anda memilih buah berkualitas sehingga dapat menghilangkan rasa pedas sekaligus membuat tubuh lebih sehat.

Sayangnya, banyak orang yang kurang paham kriteria buah segar dan berkualitas. Kebanyakan beranggapan jika buah segar dan berkualitas adalah buah yang memiliki warna bagus dan permukaan mulus. Namun, bagaimana dengan kandungan gizinya serta pupuk kimia yang digunakan? Yakin sudah 100% aman?

Untuk memastikan kualitas pangan Anda, kini hadir RegoPantes yang siap melayani kapanpun. RegoPantes membantu Anda mendapatkan bahan pangan berkualitas seperti buah, sayur, bumbu dapur hingga makanan pokok dengan kualitas jempolan tanpa harus kuatir dengan masalah harga. Selain itu, RegoPantes juga memberikan beragam penawaran menarik seperti potongan harga, produk gratis serta gratis ongkos kirim. Menarik bukan?

You Might Also Like