Kesehatan Tips

Ternyata 10 Obat Herbal dari Buah dan Sayur Ini Ampuh Sembuhkan Ragam Penyakit

@ pixabay.com

Ada banyak buah dan sayur yang dijadikan sebagai obat dalam mengatasi beragam penyakit. Obat herbal dari buah dan sayur sendiri memiliki banyak kelebihan karena didapat dari alam dan tidak melewati proses produksi yang mengurangi nutrisi keduanya.

Dengan kelebihan tersebut, banyak orang yang lantas mengubah konsumsi obat pabrik mereka dengan obat alami yang dirasa lebih sehat. Apalagi bisa dibuat sendiri di rumah dengan memanfaatkan buah atau sayuran segar.

Manfaat 10 Obat Herbal Alami dari Buah dan Sayur Bagi Kesehatan

Ada banyak obat herbal dari buah dan sayur yang bisa anda temukan di lingkungan sekitar. Beragam sayur dan buah tidak hanya bagus dalam mengobati atau mencegah jenis penyakit tertentu namun juga baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

1. Pisang

Obat herbal dari buah dan sayur yang pertama adalah buah pisang. Buah yang satu ini merupakan buah yang difavoritkan oleh banyak orang. Konsumsi pisang memiliki banyak manfaat seperti menurunkan tekanan darah, melancarkan peredaran darah, meningkatkan kesehatan jantung, menjaga kesehatan mata dan lain sebagainya.

2. Pepaya

@ okezone.com

Pepaya mengandung vitamin C dan vitamin A yang bagus dalam mencegah penyakit pilek, flu serta meredakan demam. Kandungan sehat pepaya juga baik dalam menguatkan sistem imunitas tubuh.

Manfaat lain dari buah pepaya adalah untuk mencegah penyakit jantung, mengatasi sembelit, bagus untuk penderita diabetes hingga mempersehat tulang. Pepaya juga disarankan untuk dikonsumsi selagi diet karena bisa membantu menurunkan berat badan.

3. Mangga

Konsumsi mangga bagus dalam mengurangi dehidrasi serta melancarkan sirkulasi darah karena kandungan vitamin A, C dan E yang bertindak sebagai disinfektan.

Mangga dapat digunakan untuk membersihkan darah juga mengobati beragam gangguan kesehatan seperti menurunkan panas saat demam hingga mengusir bau badan yang tak sedap. Mangga juga berperan dalam pengobatan kulit seperti bisul, borok dan lain-lain.

Baca juga : Jarang Diketahui! Ini Sederet Keunggulan dan Manfaat Mangga Garifta

4. Strawberry

@ cyber-rt.info

Obat herbal dari buah dan sayur selanjutnya adalah buah strawberry. Buah yang satu ini mengandung provitamin A, B, BI dan vitamin C. Kandungan tersebut bagus dalam melawan radikal bebas serta untuk mengobati gangguan kesehatan pada kandung kemih, anti kanker, anti virus dan lain-lain.

Strawberry juga bagus dalam mencegah alergi, asma, melancarkan pencernaan, mengatasi gangguan kesehatan berupa stroke hingga mencegah hipertensi.

5. Jeruk

Jeruk memiliki banyak kandungan sehat seperti vitamin A, BI, B2 juga vitamin C. Kandungan tersebut bagus dalam menstimulasi sistem kekebalan tubuh serta menghilangkan lendir pada tenggorokan. Buah dengan banyak manfaat ini tentu cocok untuk dijadikan sebagai buah sehat bagi keluarga.

6. Mengkudu

@ femalesia.com

Obat herbal dari buah dan sayur selanjutnya adalah buah mengkudu. Sayangnya banyak orang tidak menyukai buah mengkudu lantaran baunya yang tidak enak serta rasanya yang kurang sedap. Padahal, buah mengkudu bagus untuk kesehatan dan memiliki begitu banyak manfaat.

Beberapa manfaat mengkudu antara lain adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah infeksi, membunuh bakteri jahat, melegakan perut kembung, menyembuhkan radang pada lambung, mencegah tekanan darah tinggi, mengobati penyakit kuning, anti kanker dan lain-lain.

7. Daun bawang dan kucai

Daun bawang dan kucai ini seringkali dijadikan sebagai pelengkap dalam suatu masakan. Keduanya juga bagus untuk menjaga kesehatan karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Antioksidan bagus dalam meningkatkan sistem imun serta menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kedua bahan masakan ini juga memiliki sifat anti jamur, anti septik dan anti inflamasi yang bagus dalam mengatasi masalah kulit juga rambut.

8. Seledri

@ posciety.com

Seledri merupakan obat herbal dari buah dan sayur yang seringkali dijadikan sebagai bahan masakan. Seledri bagus untuk untuk mengatasi asam rematik, asam urat, nyeri sendi, menurunkan kadar kolesterol, menekan proses peradangan hingga melindungi lapisan lambung serta menekan produksi asam lambung.

9. Kunyit

Selain sayur dan buah, rempah-rempah juga memiliki kandungan sehat untuk melawan beragam jenis penyakit. Sebut saja kunyit. Kunyit seringkali dijadikan sebagai pewarna alami alami untuk nasi kuning atau tumpeng.

Kunyit memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti untuk membunuh virus, menghilangkan bau badan, mengurangi rasa gatal, meredakan demam, menyembuhkan radang gusi, menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi gatal, menormalkan siklus menstruasi dan lain sebagainya.

10. Serai

@ flickr.com

Serai merupakan salah satu bahan masakan yang digunakan untuk menambah citarasa serta aroma masakan. Uniknya lagi, serai juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk membantu melepas stres dan menenangkan pikiran. Rempah yang satu ini bagus pula digunakan untuk membantu mengatasi penyakit kulit.

Selain ragam sayur dan buah di atas, masih banyak obat herbal dari buah dan sayur lainnya yang bernutrisi tinggi dan baik bagi kesehatan. Selain dikonsumsi langsung, buah dan sayur bisa diolah menjadi jus sehat atau dijadikan ke dalam smothies.

RegoPantes menyediakan banyak bahan makanan mulai dari sayur hingga buah-buahan yang bernutrisi tinggi. Tak hanya itu, ada beragam produk lain seperti kebutuhan akan bumbu dapur, beras, produk praktis serta paket-paket menarik dari RegoPantes. Berbelanja di RegoPantes anda bisa mendapatkan beragam produk pangan tanpa harus keluar rumah. RegoPantes merupakan situs belanja online dengan pemesanan praktis bisa melalui WhatsApp ataupun aplikasi.

RegoPantes menjual semua produk pertanian organik yang diambil langsung dari para petani lokal. Sehingga jaminannya tentu berkualitas bagus dan masih segar. Harganya pun terbilang ramah kantong. Anda yang berada di kawasan Jabodetabek tentu kini tak kerepotan lagi dengan kehadiran RegoPantes. Apalagi ada free biaya pengiriman dengan minimal pemesanan. Nikmati belanja praktis dengan harga terjangkau hanya di RegoPantes.

You Might Also Like