Tips

Jadi Ibu Rumah Tangga Baru? Simak Dulu 5 Trik Memasak untuk Pemula Ini!

cara memasak sayur

@hipwee.com

Kegiatan memasak di dapur merupakan hal wajib bagi setiap ibu rumah tangga. Namun, ada kalanya wanita merasa ‘gagap dapur’ ketika berstatus sebagai ibu rumah tangga baru. Bukan tanpa alasan, melainkan karena banyak wanita yang tak pernah menyentuh dapur sebelumnya. Di saat seperti ini, trik memasak tentu sangat diperlukan.

Ada banyak tips memasak untuk pemula yang sangat berguna. Beberapa diantaranya mampu memecahkan masalah yang umum ditemui di dapur. Apa saja itu?

1. Tes Kualitas Telur

Seringkali Kita kesulitan mengenali kualitas telur. Jika sudah dimasak dan ternyata telur sudah mulai membusuk dan mengeluarkan bau tak sedap tentu akan merusak selera makan bukan? Oleh karenanya, selalu tes kualitas telur sebelum memasaknya. Caranya sangat mudah, yakni dengan merendam telur dalam air. Telur yang berkualitas baik akan menyentuh dasar air. Sedangkan telur yang mulai turun kualitasnya akan mengambang. Semakin buruk kualitas telur, maka telur akan semakin mengambang.

Baca Juga : 3 Resep Olahan Jamur ini Wajib Dicoba, Dijamin Enak dan Menyehatkan

2. Memisahkan Putih dan Kuning Telur

tips memasak

@hipwee.com

Saat membutuhkan kuning telur atau putih telur secara terpisah, apa yang akan Anda lakukan? Memisahkan kuning telur dari putihnya terkesan susah bukan? Padahal, Anda bisa memisahkan kuning telur dengan mudah hanya dengan bantuan botol bekas. Caranya, pecahkan telur dalam wadah dan dekatkan mulut botol pada kuning telur sembari memencet botol. Saat mulut botol menyentuh kuning telur, lepaskan tekanan pada botol sehingga putih telur tertarik mulut botol.

3. Cara Mengupas Kentang

Pernahkah Anda merasa kesulitan mengupas kentang rebus? Padahal, kentang rebus bisa dikupas dengan sangat mudah jika tahu triknya. Anda cukup menyayat kentang tepat dibagian tengah dengan sayatan melingkar sebelum merebusnya. Usai kentang matang, tinggal tarik kedua ujung kentang dan kentang akan terkupas dengan mudah.

4. Ketahui Kematangan Telur dengan Mudah

tips memasak

@hipwee.com

Sering dilema dengan tingkat kematangan telur rebus? Kini tak lagi dengan tips memasak telur rebus yang satu ini. Anda bisa memanfaatkan timer pada ponsel atau menghitung berapa lama waktu merebus telur jika ingin kematangan yang pas. Waktu yang dibutuhkan adalah 4 sampai 5 menit untuk telur setengah matang, 6 menit untuk telur setengah matang tapi bertesktur kenyal dan 7 menit untuk telur matang. Jika ingin tekstur telur yang lebih kenyal, Anda bisa meningkatkan waktu memasak hingga 12 menit.

5. Cara Merebus Sayur

Banyak yang masih bingung cara memasak sayur yang benar. Apakah sayuran harus dimasukkan saat air dingin atau ketika air sudah mendidih. Khusus trik memasak yang satu ini, pahami dulu jenis sayuran yang Anda masak. Sayuran yang berasal dari kelompok umbi-umbian baiknya dimasukkan ketika air masih dingin. Sementara sayuran jenis dedaunan dimasukkan ketika air sudah mendidih untuk meminimalisir defisiensi gizi akibat panas air.

Berbicara soal gizi sayur, bukan hanya cara memasaknya saja yang perlu diperhatikan. Kualitas sayur yang dimasak pun harus sangat diperhatikan. Pastikan Anda menyajikan sayur berkualitas terbaik untuk keluarga agar nilai gizinya tetap utuh. Sayangnya, kini banyak sayuran berpestisida, berpengawet dan bahkan nampak baik di luar tapi rupanya tak cukup berkualitas.

Nah, agar tak lagi tertipu kualitas sayur, kenapa tak mencoba percaya pada RegoPantes? RegoPantes membantu Anda mendapatkan kebutuhan dapur berkualitas tanpa perlu keluar rumah. Semua bisa Anda dapat langsung dari tangan petani melalui perantara RegoPantes. Bukan hanya itu, Anda juga mendapat jaminan gratis ongkos kirim, diskon serta potongan langsung dengan melakukan pembelian melalui aplikasi.

0 Shares

You Might Also Like