Tips

Tips Membuat Donat Agar Mengembang Sempurna, Cek 5 Rahasianya Berikut

resep donat, tips membuat donat

@ doyanresep.com

Donat, jajanan nikmat yang juga memberikan rasa kenyang saat disantap. Apakah Anda juga menggemarinya? Makanan satu ini begitu digemari oleh hampir semua orang. Bahkan jenis jajanan ini dapat di mana saja di berbagai negara sekalipun. Terkait dengan resepnya, cara membuat donat juga terbilang tidak rumit asalkan telaten.

Namun kenyataannya masih banyak yang masih penasaran dengan cara membuatnya yang tepat agar bisa mengembang dan lembut. Mungkin sudah banyak resep donat yang bertebaran di internet. Tapi tidak semuanya akan menghasilkan donat dengan sempurna saat sudah diterapkan. Bisa jadi ada beberapa poin cara membuat donat yang terlewatkan.

Nah, berikut ini sederet tips membuat donat agar bisa mengembang dan tentunya lembut. Anda patut menyimak dan bisa mempraktikkannya di rumah.

1. Menggunakan Ragi

Proses fermentasi jadi bagian dalam resep donat. Untuk bisa menghasilkan adonan mengembang sempurna, maka Anda dapat menggunakan ragi. Sehingga donat nantinya tidak bantat saat hasil akhir.

2. Menggunakan Air Hangat Sebelum Menabur Ragi

@ ayousaha.co.id

Sebelum Anda menaburkan ragi pada adonan donat, perlu diketahui ada yang perlu dilakukan. Gunakan air hangat di wadah lalu tambahkan ragi, berikutnya Anda campurkan dengan adonan yang lain. Lalu aduk adonan hingga kalis.

Baca juga : Jangan Cuma Digoreng, 3 Kreasi Resep Kentang Ini Tak Kalah Lezatnya Buat Dicoba

3. Memperhatikan Proses Fermentasi

Fermentasi menjadi satu dari cara membuat donat. Namun yang harus Anda perhatikan adalah waktu serta suhu ruangan saat fermentasi. Adonan sebaiknya didiamkan selama 1 hingga 1,5 jam dengan posisi wadah adonan tertutup. Hal ini bertujuan agar hasilnya nanti bisa mengembang tiga kali lipat dari sebelumnya.

4. Suhu yang Tepat

Perhatikan juga suhu saat proses fermentasi. Jika ingin hasil resep donat mengembang dengan baik, sebaiknya Anda gunakan air hangat dengan suhu kisaran 26-280 Celcius. Sebab penggunaan air terlampau panas justru akan membuat fermentasi adonan lebih cepat hingga teksturnya tak bagus.

5. Suhu dan Durasi Penggorengan Tepat

cara membuat donat, tips membuat donat

@ sajiansedap.grid.id

Selain terkait adonan, ada juga tips membuat donat pada proses penggorengan. Saat menggoreng pastikan suhu minyak di mana suhunya kisaran 1900 Celcius selama 2 menit. Semenit pertama untuk satu sisi donat, kemudian balik donat dan butuh 1 menit juga untuk mendapatkan kematangan donat rata sekaligus sempurna

Setelah Anda membaca berbagai tips membuat donat agar mengembang, apakah selama ini Anda sudah menerapkannya? Bila belum, maka bisa mengaplikasikannya untuk proses membuat donat berikutnya.

Selain itu, untuk mendapatkan hasil dari resep donat yang mengembang Anda juga butuh kentang yang segar. Bisa Anda dapatkan bahan tersebut di RegoPantes. Semua kentang yang ada diambil langsung dari petani lokal. Sehingga jaminan kualitas sekaligus harga pantas baik bagi Anda ataupun petani lantaran tidak ada pihak ketiga seperti banyaknya tengkulak dalam proses pemasaran.

Cukup lakukan pemesanan dengan cara mudah via aplikasi RegoPantes di ponsel Anda, maka semua urusan belanja Anda akan mudah tanpa harus keluar rumah.

You Might Also Like