Kesehatan Tips

Jangan Salah Makan, 5 Buah ini Harus Dihindari Saat Buka Puasa

buka puasa sehat

@orami.co.id

Puasa ramadhan merupakan ibadah yang sangat sayang dilewatkan karena hanya bisa dijalankan satu tahun sekali. Oleh karenanya, puasa harus dipersiapkan semaksimal mungkin, terutama menjalankan tips sehat puasa agar tubuh tetap prima.

Salah satu cara agar tetap sehat selama puasa adalah dengan menjaga asupan makanan. Namun, banyak yang salah kaprah tentang menu sehat puasa.

Kebanyakan orang berfikir jika semua buah baik sebagai menu buka puasa sehat. Namun nyatanya tak demikian. Ada beberapa jenis buah yang justru harus dihindari selama puasa karena resikonya bagi kesehatan. Apa saja?

1. Durian

Jika sudah terlanjur suka dengan buah yang satu ini, pasti sangat sulit menghindarinya. Apalagi durian memiliki aroma kuat yang menjadi magnet bagi para penggemarnya. Namun sayang, buah yang satu sangat tak disarankan dikonsumsi saat puas. Durian mengandung alkohol yang membuat gas terperangkap di sistem pencernaan sehingga dapat menimbulkan rasa mual dan pusing saat puasa.

Baca Juga : Simak, Ternyata Ada 11 Manfaat Lobak Putih yang Tak Boleh Diremehkan

2. Kedondong

Selain rasanya yang asam sehingga tak ramah untuk lambung saat puasa, kedondong juga mampu memperangkap gas dalam perut. Tentu saja hal ini akan membuat puasa Anda tak nyaman keesokan harinya.

3. Mangga

Berbuka dengan buah mangga tentu menggugah selera bukan? Memiliki paduan rasa manis dan masam segar, mangga memang cocok dijadikan menu berbuka. Namun, buah yang satu ini harus dihilangkan dati menu buka puasa sehat. Pasalnya, meski berasa manis di lidah, mangga bisa berubah menjadi asam ketika sampai di pencernaan.

4. Nangka

Rasa dan aroma nangka memang sangat cocok dijadikan campuran kolak untuk berbuka puasa. Namun, nangka merupakan buah yang memiliki getah dan tak aman bagi pencernaan jika dikonsumsi terlalu banyak. Nangka dapat menimbulkan rasa mulas, kembung dan juga diare yang tentunya dapat mengganggu puasa.

5. Buah Kaleng

menu sehat puasa

@hellosehat.com

Buah dalam kemasan kaleng banyak diminati karena alasan kepraktisan. Namun, sebaiknya buah ini tak dikonsumsi saat berbuka maupun santap sahur karena beberapa jenis buah kaleng sudah terkontaminasi bahan lain seperti pemanis buatan dan garam.

Jika Anda memang ingin mengkonsumsi buah selama puasa, baiknya Anda memilih buah segar dibanding buah kaleng. Namun, ini bukan berarti tak boleh mengkonsumsi buah kaleng sama sekali. Anda tetap bisa mengkonsumsi buah kaleng namun perhatikan kandungan yang tertera dalam kemasan dan konsumsi merk terpercaya.

Nah, jika Anda termasuk orang yang tak mau salah pilih, sebaiknya pilihlah buah segar berkualitas dari RegoPantes. RegoPantes membantu Anda memilihkan buah segar langsung dari petani tanpa permainan harga. Anda juga berkesempatan mendapat beragam penawaran menarik, mulai dari gratis ongkos kirim hingga potongan harga.

0 Shares

You Might Also Like