Kesehatan Tips

Cuaca Panas Ekstrem? Ikuti 3 Tips Berikut Agar Tetap Sehat

cuaca panas ekstrem

@orami.co.id

Cuaca memang terus berubah, kadang bisa bersahabat dan kadang pula bisa sangat ekstrem sehingga menimbulkan berbagai keluhan. Salah satu yang paling dikeluhkan saat ini adalah cuaca panas yang sangat terik hingga suhu udara di luar ruangan mencapai 40 derajat celcius atau bahkan lebih.

Penyebab cuaca panas bisa sangat ekstrem tak lain adalah atmosfer yang cenderung kering sehingga awan yang menghalau radiasi matahari tak banyak terbentuk. Selain itu, matahari saat ini juga berada di sekitar garis khatulistiwa sehingga radiasi matahari yang diterima Indonesia dan wilayah lain di dekat khatulistiwa cenderung lebih banyak.

Tips Tetap Sehat Saat Cuaca Panas Ekstrem

Cuaca panas ekstrem seperti saat ini membuat orang malas keluar rumah sehingga beberapa aktivitas pun terganggu. Bukan hanya itu, kesehatan mungkin juga akan terganggu karena udara yang terlalu kering, angin kencang, dan beberapa faktor lain. Anda tak ingin ikut ‘tumbang’ karena cuaca panas seperti saat ini? Ikuti beberapa tips sehat berikut!

1. Hindari Minum Es

Minum es di cuaca terik memang sangat nikmat dan menyegarkan. Namun, tahukah Anda jika minum es saat suhu tubuh meningkat bisa menyebabkan pembuluh darah mikro meledak? Terdengar merikan, tapi memang hal inilah yang terjadi pada tubuh. Bahkan, Anda tak boleh langsung membasuh tubuh yang terasa hangat akibat sinar matahari dengan air dingin karena bisa berakibat sangat fatal.

Jika Anda memang ingin minum es, maka minumlah air suam terlebih dahulu sedikit demi sedikit. Tak segar memang, namun cara ini efektif untuk menyesuaikan suhu tubuh sehingga tak mengalami perubahan suhu mendadak.

Baca Juga : Banyak yang Masih Salah, Begini Cara Menikmati Nilai Gizi Lengkap dari Buah dan Sayur

2. Jaga Tubuh Tetap Panas

Saat cuaca panas, suhu tubuh juga ikut meningkat. Berteduh di ruangan yang ber-AC memang menjadi solusi. Namun, saat Anda keluar ruangan tubuh justru kaget dengan perubahan suhu yang terjadi. Oleh karena itu, jika ingin menyalakan AC naikkan suhu dengan perlahan dan tetap jaga tubuh bergerak selama berada di ruang ber-AC agar suhu tubuh stabil.

3. Hidrasi Tubuh dengan Buah dan Sayur

@sajiansedapku32.blogspot.com

Saat cuaca terik sudah pasti tubuh akan kehilangan banyak cairan. Oleh karena itu, bantu hidrasi tubuh dengan memperbanyak buah dan sayur. Mengkonsumsi buah dan sayur akan memperbaiki metabolisme Anda, mengunci cairan tubuh, dan membantu mencegah dehidrasi.

Jenis buah dan sayur yang bisa Anda konsumsi untuk menghidrasi tubuh sebenarnya cukup beragam, mulai dari buah pir, mentimun, hingga semangka. Namun, Anda perlu memastikan kesegarannya sebelum mengkonsumsinya, karena pada cuaca terik seperti sekarang, buah dan sayur rentang mengalami penguapan air dan vitamin.

Ingin menikmati buah dan sayur segar, tapi malas ke pasar karena cuaca panas? Tenang saja, Anda bisa mengandalkan RegoPantes mulai sekarang. RegoPantes membantu Anda mendapatkan sayur dan buah segar berkualitas hanya dengan menjelajahi layar gadget. Tak perlu keluar rumah, buah dan sayur pesanan Anda akan diantar rumah tanpa tambahan biaya ongkos kirim dengan belanja minimal 4Kg. Tunggu apa lagi? Install aplikasinya di sini dan nikmati kemudahan belanja tanpa perlu panas-panasan dengan jaminan kualitas.

You Might Also Like