Tips

Makanan Terbuang Sia-sia? Tenang, Ini Trik Cerdas Cegah Makanan Mubazir Saat Ramadhan

@ foodnetwork.com

Ada banyak limbah makanan yang dihasilkan dalam sehari. Hal ini tidak lepas dari kebiasaan dari kita dalam menyiapkan banyak ragam makanan guna berbuka puasa. Sayangnya tidak semua makanan tersebut mampu habis dan akhirnya hanya dibuang saja. Lantas adakah tips agar makanan saat bulan Ramadhan atau bulan biasa tidak mubazir? Simak tips makanan agar tak mubazir  pada ulasan berikut.

1. Buatlah Daftar Belanja

@ genericsmed.com

Hindari membeli bahan-bahan makanan yang berlebihan. Anda harus tahu seberapa kemampuan Anda ataupun keluarga dalam menghabiskan makanan. Selanjutnya belanjalah sesuai dengan kebutuhan.

Anda juga memeriksa lemari es serta lemari dapur untuk memeriksa apakah ada bahan makanan yang habis atau masih banyak tersimpan. Hal ini dilakukan untuk membatasi pengeluaran Anda.

2. Pelajari Cara Menyimpan Makanan

Tips agar makanan tak mubazir yang selanjutnya adalah dengan mempelajari cara menyimpan makanan dengan baik dan benar. Anda sebaiknya menyimpan sayuran kecuali bawang putih dan bawang bombay juga kentang di lemari es. Sementara itu, pisang sebaiknya disimpan di luar lemari es karena buah yang satu ini cepat matang dibandingkan dengan jenis buah yang lain.

Baca juga : Tips Cegah Bau Mulut Saat Puasa, 6 Makanan Lezat Ini Rahasianya

3. Bekukan Makanan

@ resepkoki.id

Tips Ramadhan yang selanjutnya adalah dengan menggunakan freezer untuk mengurangi limbah makanan. Freezer bisa digunakan untuk membekukan sisa makanan termasuk juga sisa nasi saat sahur ataupun berbuka puasa. Hal ini tentu akan sangat membantu terutama bagi Anda yang memiliki waktu terbatas saat memasak. Anda juga bisa menyimpan buah-buahan di freezer agar semakin awet.

4. Berbagi Makanan

Tips memasak agar tidak mubazir selanjutnya adalah dengan berbagai makanan. Daripada makanan harus dibuang lantaran sisa banyak. Akan lebih baik jika Anda membagikan makanan kepada mereka yang membutuhkan. Dengan demikian, Anda juga akan mendapatkan pahala dengan kebaikan yang dilakukan.

5. Beli Produk Kalengan atau Beku

@ idntimes.com

Beberapa orang berpendapat jika produk buah yang kalengan atau makanan beku tidak sehat. Padahal, pendapat tersebut belum tentu benar karena buah dan sayur yang dijual dalam kondisi dikemas kalengan ini artinya seluruh nutrisinya terkunci di dalam.

6. Atur Sisa Makanan

Anda juga bisa mengatur sisa makanan untuk berbuka ataupun sahur dengan cara dihangatkan kembali saat hendak dikonsumsi. Dengan demikian, makanan sisa tidak lantas dibuang namun masih bisa dimakan di lain waktu.

7. Jangan Belanja Ketika Sedang Lapar

@ mestertidende.dk

Tips agar makanan tak mubazir yang selanjutnya adalah dengan tidak berbelanja saat sedang lapar. Beberapa orang cenderung membeli banyak makanan ketika sedang dilAnda rasa lapar. Untuk itu, akan lebih baik jika Anda berbelanja di waktu malam atau pagi hari ketika perut tidak terlalu lapar.

8. Cari Resep

Anda bisa menemukan banyak resep makanan dari internet atau dengan bertanya pada teman. Selain itu, Anda juga bisa mencari resep mengolah makanan sisa. Dengan demikian, Anda bisa membuat makanan sisa menjadi sajian nikmat yang dapat dikonsmsi ketika sahur atau waktu berbuka tiba.

Bagi Anda yang tak mau repot belanja aneka kebutuhan dapur, baik itu buah, sayur, ataupun bumbu serta beras, bisa langsung percayakan pada RegoPantes. Lewat RegoPantes, belanja Anda akan semakin mudah dan pastinya lebih terkontrol.

Anda juga akan mudah belanja sesuai kebutuhan saja dengan memilih aneka buah dan sayur di RegoPantes. Hal ini akan mengerem niatan belanja berlebih seperti halnya saat belanja secara konvensional di pasar yang bisa tergoda membeli barang lain yang tak dibutuhkan. Sehingga bahan makanan mubazir pun bisa Anda tekan dengan belanja praktis di RegoPantes.

0 Shares

You Might Also Like